Penyebab Bunyi Klotok-Klotok pada CVT Honda

oke selamat datang di modifabis.com  tempatnya para pecinta modifikasi motor dan mobil, kali ini saya mau cerita tentang pengalaman saya sendiri masbro. jadi ceritanya gini motor saya kok berbunyi Klotok-klotok dan sangat kasar di bagian CVT berhubung maklum karna saya orang tidak punya motor yang bunyi saya ini ada motor bekas. nah karna motor ini bekas kan saya tidak tau apa penyebab terjadinya suara klotok-klotok di dalam cvt.



bunyi ini memang sangat menganggu sekali masbro selain bunyi motor ini kasar saya juga malu karna motor yang saya dudukin ini memang suaranya aneh dan semua orang melihat saya karna seolah-olah motor saya ini kaya motor rongsok, motor yang saya gunakan ini adalah motor Vario 125 dari segala bengkel telah saya coba kenapa motor saya berbunyi seperti ini apakah bisa di tangani.
nah semua bengkel pun belum bisa memberikan jawaban walaupun saya sudah ke bengkel resmi, dari situ saya penasaran kenapa bunyi ini banyak yang tidak tau untuk mengatasi masalahnya namun saya bergegas ke orang yang menjual motor ini. dan orang itupun bercerita awal mula motor tersebut berbunyi kloyok-klotok pas waktu itu pemilik motor pertama sedang berkendara keluar kota namun ada kendala pada CVT nya dan motor pemilik motor tersebut langsung mogok tetapi mesin motor berjalan walaupun roda tidak mauberjalan. 

ternyata sabuk karet atau Vanbell pada CVT Vario 125 itu putus dan tidak bisa menghubungkan putaran mesin ke putaran roda belakang, pihak bengkel pun mengatakan jika motornya ingin berjalan normal pemilik motor harus bersedia membeli Pully depan dan Vanbeelnya sekalian. dikarnakan sang pemilik motor tidak membawa uang banyak akhirnya pemilik motor membeli Pully depan dan Vanbell  CVT yang bukan Ori nah dipasanglah itu perangkat abal-abal yang harganya murah. dari situ setelah motornya jalan kebali dengan normal namun mengeluarkan suara yangsangat kasar yang keluar dari dalam CVT. suara tersebut ternyata disebabkan oleh Vanbell yang longgar dan menghasilkan suara pantulan seperti pita yang sangat keras, di tambah suara Pully CVT bagian depan yang disebabkan karna Bola-bola pully yang tidak stabil menghasilkan suara kasar seperti motor rongsokan.

dari cerita diatas saya langsung bergegas ke bengkel resmi Honda dengan membeli perangkat CVT baru yang ORI , ya lumayan lah untuk perangkat CVT yang ORI Vario 125 saya merogoh kocek sebesar Rp. 700.000 angka yang lumayan besar untuk kelas service CVT yah gan. akhirnya setelah diganti perangkat tersebut motor saya berjalan dengan normal dan tidak berbunyi kasar lagi, bunyinya seperti motor baru.perangkat yang saya beli adalah (Vanbell dan Pully bagian depan)
nah dari kejadian diatas kita sudah tau kenapa bunyi klotok-klotok pada motor Honda yang keluar dari dalam CVT karna kita menggunakan onderdil yang bukan ori, jadi kesimpulanya kita harus berhati-hati dengan mesin jangan sampai menggunakan onderdil abal-abal gunakanla onderdil ori untuk area mesin. jika pihak bengkel menawarkan onderdil bekas ataupun tidak ori sebaiknya masbro segera tolak itu dan mintai onderdil yang ori, jika memang pihak bengkel tidak ada onderdil yang ori sebaiknya masbro tunda dulu service motor disitu cari lagi bengkel terdekat yang menawarkan onderdil ori.

kita beralih lagi ke kata pepatah "malu bertanya sesat dijalan" nah begitulah yang telah dialami saya andai saja saya tidak tanyakan sendiri ke pemilik motor pertama kenapa motor Vario 125 saya berbunyi klotok-klotok pada bagian CVT. terimakasih telah mengunjungi modifabis.com jangan lupa baca terus artikel dan tutorial di modifabis.com, oh iya jika masbro bersedia SHARE artikel ini Modifabis.com mengucapkan termakasih sebesar-besarnya kepada masbro. he he oke selamat beraktifitas semoga bermanfaat dan sampai jumpa.


Emoticon Emoticon

close