Panas Gan, Boss MotoGP Ikut Angkat Bicara tentang Banding Ducati

oke selamalt datang di modifabis.com tempatnya para pecinta modifikasi motor dan mobil, kembali lagi kita membahas masalah Wiglet Swing Arm yang membuat pekan lalu sempat geger karna adanya sing ini di tambahan bagian Ducati sempat membuat beberapa Boss besar dari tim kompetitor (pesaing) menjadi panas yang pada akhirnya Ducati di Baning untuk mengikuti sidang FIM yang melibatkan orang-orang besar dari bebenara negara membantu pihak ducati yang konon biayanya tidak sedikit.



sesudah sidang FIM ternyata ini masih belum berakhir pihak banding masih merasa kalau pihak official motoGp tidak konsisten, dari beberapa pendapat terssebut akhirnya suara tentang ketidak puasan beberapa pihak pembanding sampai ke telinga Direktur MotoGP Danny Aldrige dan ia pun menjelaskan tentang aturan resmi yang diputuskan oleh MSMA (Motorcycle Sports Manufacturers’ Association).

Alridge juga menerima kritikan pedas dari CEO APrilia Racing, Massimo Rivola yang mengatakan bahwa aturan balapan pada jaman Now ini tidak lurus atau tidak produktif karna masih ada beberapa tim yang measih mengakali ide-idenya untuk kecepatan motor nya masing-masing. jika pada jaman dahulu aturan balapan memiliki standarisasi balap yang harus dipenuhi berbeda dengan sekarang yang main seenaknya saja memberi part yang aneh agar motornya bisa melaju cepat.

dari kritikan pedas tersebut ternyata Danny ALdridge tidak hanya diam ia juga menjelaskan kritikan-kritikan tersebut danny menjawabnya seperti ini.

"pada motoGP kami juga memiliki aturan yang menjelaskan tentang Aerodinamika dan regulasi, itu aku sendiri yang menulis jika ada pembaharuan kami juga dapat memperbaharuinya. disana terdapar regulasi yang nantinya pihak pabrik juga mengerti apa yang ada disana. alasan ini dilakukan saya karna jika para pabrikan datang kepadaku maka mereka akan melakukan ijin apakah ini perlu atau tidak jika aku menjawab "iya" maka pabrikan boleh melakukanya dan jika saya menjawab "tidak" maka saya tidak akan memberikan ijin untuk pabrikan tersebut. pada regulasi itu semua tercantum sehingga pada waktu itu ada 6 pabrikan yang datang menemui saya semuaya mengajukan pertanyaan yang sama disitupun sudah tertera standarisasinya, jadi kai membuatnya agar lebih jelas"

“Jika mereka melakukan sesuatu yang legal atau sesuai aturan, aku tidak mengatakan apa-apa. Itu prosedur normal. Dalam [Sebuah regulasi] ini lebih merupakan kasus ‘aku telah mengatakan sesuatu kepada seseorang, kau tidak dapat melakukan ini’ semua orang sadar sehingga mereka tidak memulai pengembangan dan memiliki masalah yang sama. Dengan situasi ini terkait part Ducati, aku telah melihatnya di tes Qatar"

” Itu dibahas antara aku, Mike Webb Race Direction, dan Corrado Cecchinelli, Direktur Teknologi. Ini seperti kelompok kerja kecil yang kita miliki. Keputusan akhir adalah milikku tetapi aku menggunakan keahlian mereka. Ketika kami melihat ini, kami pikir kami harus mengklarifikasi untuk apa part digunakan. Inilah sebabnya regulasi ini ditulis. Di dalamnya dikatakan, “kau dapat menggunakan Spoiler untuk air, untuk pendinginan [ban belakang], atau untuk penghambat kotora"

“Inilah yang ditingkatkan sebelum Grand Prix dimulai. Regulasi diperbarui sebagaimana mestinya ketika dirasa perlu. Dan Tidak ada tanggal khusus. Di Qatar aku didekati oleh Ducati. Mereka menjelaskan prinsip di balik sistem part mereka. Mereka memberi tahu ku bahwa itu untuk pendinginan ban belakang. Dari informasi yang ku terima dan apa yang ku lihat, aku menghormati keputusan mereka dan memberikan izin untuk menggunakannya. Untuk Pabrikan lain aku mengerti mengapa ini dirasa tidak benar. Mereka memprotes karena mereka merasa alasan utama part itu untuk downforce"

“Aturan sebenarnya ditulis oleh MSMA. Setiap kalimat yang tertuang di sana harus disetujui oleh mereka (Masing-masing Pabrikan). Itu adalah pilihan mereka, keputusan mereka untuk menggunakan kalimat dan kata-kata tersebut. Direktur Teknis kemudian memutuskan apa yang legal dan apa yang tidak. Begitu Cara kerjanya. Aku mengerti [kemarahan dari pabrikan lain] yang diarahkan kepada ku. Tidak jadi soal karena ini adalah pekerjaanku. Aku menerima hal ini setiap hari. Kami selalu berusaha meningkatkan kejuaraan ini. Setelah diselesaikan dan ditenangkan, kami akan membuat perubahan pada regulasi untuk membuatnya lebih jelas bagi kami dan bagi masing masing pabrikan"

“Hari demi hari kami bekerja dengan para pabrikan. Jika kami perlu mengklarifikasi sesuatu, kami akan melakukannya. Jika mereka setuju kami akan berubah. Tetapi kami tidak dapat mengubah aturan tanpa izin mereka. Satu-satunya hal yang bisa ku ubah adalah regulasi. Itu saja. Dan regulasi tidak dapat menghentikan sesuatu yang saat ini disetujui. Ini tentang perkembangan di masa depan. Aku tidak bisa memasukkan sesuatu ke dalam regulasi yang akan menghentikan paket aero saat ini"

” Ini tentang perbaikan di masa depan, apa yang mereka boleh lakukan, dan apa yang tidak boleh mereka lakukan. Semua pabrikan memiliki hak untuk setuju atau tidak setuju dengan pendapat ku dan apakah itu benar atau tidak. Ini adalah kehidupan normal. Mereka tidak setuju dengan pendapatku. Satu-satunya yang setuju denganku adalah FIM. Dari rasa hormat itu aku senang. Namun buatku dan untuk kejuaraan karena aku tidak suka situasinya, itu tidak baik. Aku tidak menganggapnya sebagai masalah pribadi. ” perkataan-perkataan diatas di jawab oleh Danny Aldridg atas kritikan-kritkan yang membuat dirinya kurang nyaman.

bukan hanya itu danny aldridge juga menyindir Boss Aprilia dimana sebelumnya boss aprilia ini menyindir Danny yang sangat pedas menurut danny sendiri aprilia juga menggunakan Swing Arm dimana pada formula febuari yang lalu, danny pun menyindir bahwa menurutnya orang yang melakukan kesamaan dengan ducati kenapa menyindirnya dengan sangat pedas bahkan itu juga menjadi tertawaan banyak pihak. wooww.... benar-benar panas kembali nih gan motoGP dan formula saling perang.

“Aku sudah mendengar tentang ini. Aku memang menerima email dari Aprilia dan mereka bertanya tentang proses untuk membuat part deflektor hujan. Dalam email yang kuterima, tidak ada kata-kata dari Aprilia yang mengatakan bahwa mereka ingin menggunakan part aero. Dalam emailku atau balasanku kepada Aprilia, aku katakan….itu tidak dapat digunakan untuk aero, yang persis sama dengan yang ada di regulasi. Aku tahu mereka menghentikan pengembangan karena aku tidak setuju dengan. Kata-kata yang ku katakan kepada mereka adalah mereka tidak diizinkan untuk memasangnya dalam kondisi kering. Satu-satunya perbedaan adalah ketika kami membuat klarifikasi dalam regulasi…

“Mereka email awal kepada ku tidak menyebutkan tentang penggunaannya dalam kondisi kering. Itu murni yang mereka tanyakan, ‘Jika kami membuat spoiler air seperti Yamaha, apakah kami perlu membuat homologinya?’ ini dia jawaban keras dari danny

pada hari kamis juga honda membawa bagian yang hampir sama dengan Ducati tapi itu ditolak oleh danny namun pada pengajuan kedua pihak official motoGP menginjinkan karna bagianya sudah aman dan memnuhi standar tidak seperti pengajuan yang pertama, danny juga menjelaskan jika menurutnya baik digunakan dalam ajang balap bergengsi MotoGP sudah layak maka iya mengijinkan dengan senang hati.


“ Aku tidak akan mengomentari part pabrikan lain sampai itu disetujui dan digunakan. Jujur, sekarang setelah ada klarifikasi tentang apa yang diizinkan, aku berharap pabrikan lain turun dengan rute yang sama dengan Ducati. Jika itu terjadi di sini, kau harus menunggu dan melihat. Sebelum sesuatu digunakan di trek, aku tidak akan pernah mengatakan, ‘Cari sesuatu dari Honda atau Aprilia.’ Tidak benar untuk mengatakan bahwa mereka telah menyetujui sesuatu, atau mereka akan menggunakannya. Semua terserah mereka.”

Danny pun menyindir beberapa tim besar juga yang mengajukan banding kepada ducati menurutnya bukanya danny membela ducati namun bagian tersebut juga ada beberapa tim contohnya Honda dan Formula pada Aprilia juga menggunakan bagian yang sama, jika memang bagiang swing tersebut tidak dibolehkan dari awal maka danny juga tidak akan menginjinkan honda untuk menggunakanya pada sirkuit qatar hari kemis yang lalu.

kalo menurut modifabis.com suasana yang panas ini akan semakin panas dan akan membuat suasana motoGP menjadi seperti kekanak-kanakan jika kejadian panas seperti ini berlanjut terus menerus maka motoGP sudah tidak ada wibawanya lagi tidak seperti motoGP pada era sebelumnya yang dilakukan dengan sangat adil, untuk teman-teman modifabis.com mari kita doakan bersama supaya masalah ini cepat kelar dan tidak ada saling berdebatan lagi kedepanya.

terimakasih telah mengunjungi modifabis.com jangan lupa baca terus artikel dan tutorial di modifabis.com selamat beraktifitas dan sampai jumpa.


Emoticon Emoticon

close