Mengupas Lebih Dalam Sirkuit Sepang Malaysia, Katanya Sirkuit Terbaik di Asia

Oke selamat datang di modifabis.com tempatnya para pecinta modifikasi motor dan mobil, banyak yang mengatakan Sirkuit Sepang adalah sirkuit yang paling bagus di Asia tapi apakah anda tidak tahu bahwa Sirkuit Sepang memiliki jalanan yang berlubang atau berongga. Ini memang sirkuit mewah bertempat di negara Malaysia negara tetangga kita Indonesia sirkuit ini juga pernah diakui oleh Asia karena sirkuit ini memiliki kemewahan yang cukup luar biasa dari mulai denah , bangku penonton, maupun keluasan yang sangat luar biasa jika kita lihat pada televisi di ajang balap motor bergengsi di dunia MotoGP sirkuit ini benar-benar terlihat sangat bagus dan sangat mulus pada asalnya untuk lebih tahu secara terperinci Mari kita lanjutkan ke artikel berikutnya.



Sirkuit Sepang adalah sirkuit yang salah satunya diakui oleh Asia diantara Sirkuit Sentul Indonesia, sirkuit Sepang Malaysia, Sirkuit Motegi Jepang, sirkuit Chang Buriram Thailand  sirkuit-sirkuit tersebut adalah sirkuit terbaik di Asia namun dari beberapa sirkuit terbaik tersebut belum tentu sirkuit bisa dikatakan baik karena modifabis.com telah membahas tentang sirkuit Sentul di Indonesia sebagai candaan orang Jepang saat menjajal motornya di Sirkuit Sentul Indonesia. Nah  tapi untuk kali ini modifabis.com akan mengulas di Sirkuit Sepang dari mulai segi keamanan maupun kenyamanan.

Sirkuit terbaik pastinya memiliki aspal yang berbeda dengan Jalan Raya bukan, karena sirkuit-Sirkuit internasional tidak menggunakan aspal seperti jalan raya layaknya aspal biasa. Yang pasti aspal yang digunakan pada sirkuit memiliki tingkat grip atau traksi yang sangat bagus untuk mendapatkan kontruksi tingkat kelicinan yang aman bagi pembalap-pembalap tingkat dunia. Pihak modifabis.com juga sempat meraba secara dekat sirkuit Sepang Malaysia dengan traksi yang berbeda sirkuit ini benar-benar memiliki tingkat gigitan yang sangat kuat bagi ban motor yang halus , tetapi jika kita lihat pada area permukaan di dekat jalanan Sirkuit Sepang ini ternyata sirkuit ini tidak sehalus yang kita lihat di televisi. Bentuk yang kasar dan berongga rongga ini memiliki traksi yang sangat baik bagi kendaraan motor balap. Jika kita bandingkan aspal pada Sirkuit Sentul mungkin menurut kami Sirkuit Sepang lebih baik karena komposisinya sangat berbeda tidak hanya menggunakan aspal saja di pihak Sirkuit Sentul ini aspal dan segi materialnya pun sangat khusus.

Kita beralih dari resapan air nya pada bagian bawah jalanan sirkuit Sepang Malaysia ini atau tepatnya di bawah aspal Sirkuit Sepang terdapat rongga rongga yang fungsinya sebagai resapan air jadi di area atas sirkuit yang kita sudah sebut tadi di atas sebenarnya untuk area musim hujan tujuan untuk meresapnya air dari atas sampai ke bagian bawah aspal, banyak lubang kecil di area aspal agar air semakin cepat meresap dan jalanan cepat kering dari kepadatan jalanan di Sirkuit Sepang berbeda sekali dengan Sirkuit Sentul yang sangat padat seperti jalan raya biasa.

 Modifabis.com pun sudah mencari informasi desain aspal Sirkuit Sepang yang berlubang-lubang, pihak kami telah menemukan informasi bahwa sebenarnya Sirkuit Sepang memang dibuat seperti itu agar bertujuan mempertahankan traksi pada temperatur rendah ataupun temperatur tinggi, yang lebih uniknya lagi aspal pada sirkuit Sepang Malaysia ini memiliki tingkat ke elastisan yang sempurna jadi jalanan ini tidak mudah retak atau pun mengembang dengan paduan komposisi material yang unik.



Pihak modifabis.com pun menemukan ketebalan polimer pada jalanan Sirkuit Sepang Malaysia ini memiliki minimal 10 mm ketebalan, ternyata dari ketebalan lapisan itu di atasnya lagi pada aspal sirkuit ini memiliki tingkat kerataan yang sempurna yang bertujuan untuk menghindari roda selip atau ban selip, pada musim panas otomatis debu banyak bertebaran di area sirkuit tersebut tapi Tenang saja untuk debunya sendiri pasti akan merosot juga ke bagian bawah jalanan sirkuit tersebut secara material kita pasti sangat bingung kenapa orang Malaysia bisa membuat sirkuit yang sesempurna ini. Semoga kedepannya Sirkuit Sentul bisa menjadi saingan dari sirkuit Sepang atau kita bisa mencontoh dari sirkuit Sepang yang sangat menarik ini.

Mungkin menurutmu modifabis.com aspal luar negeri berbeda dengan aspal pada negeri kita ataupun aspalnya juga sangat mahal kalau disana mungkin Yang pastinya. Kalau menurut pengalaman sendiri modifabis.com pernah mewawancarai pada saat Aceh terkena bencana saat itu terdapat dari perusahaan luar negeri ternyata aspal yang digunakan pada jalanan Aceh berbeda dengan aspal yang ada di Indonesia. Kalau kita lihat ternyata aspal luar negeri memiliki tingkat kemerahan dan warnanya juga tidak terlalu gelap yang konon harganya juga tiga kali lipat dari aspal yang ada di jalanan Indonesia. Hal ini memungkinkan sekali kalau aspal yang ada di Sirkuit Sepang Malaysia mungkin menggunakan aspal yang sangat mahal kalau menurut modifabis.com mahal tidak masalah yang penting tingkat keawetannya dan tingkat keamanannya sangat tinggi.

Setelah agan-agan baca di atas Ternyata kita bisa simpulkan aspal yang digunakan pada sirkuit Sepang Malaysia mempunyai warna yang agak mirip dengan batu batuan dan memiliki rongga-rongga seperti busa. Warna Yang ada pada aspal Sirkuit Sepang ini juga berbeda dengan aspal yang ada di Sirkuit Sentul Indonesia jika Sirkuit Sentul di Indonesia memiliki warna yang agak gelap berbeda dengan di Sirkuit Sepang Malaysia sirkuit ini memiliki warna yang agak cerah sangat keabu-abuan. Jika Agan masih penasaran dengan aspal yang ada di Sirkuit Sepang Malaysia Silahkan agan-agan berkunjung ke negara Malaysia dan melihat sendiri secara langsung.

TerMakasih telah mengunjungi modifabis.com Jangan lupa baca terus artikel dan tutorial yang ada di modifabis.com semoga bermanfaat dan berkualitas bagi agan-agan, selamat beraktifitas dan sampai jumpa 


Emoticon Emoticon

close