Ganti Oli Kendaraan Pilih Percaya Bengkel atau Buku Panduan.

oke selamat datang di modifabis.com tempatnya para pecinta modifikasi motor dan mobil untuk kesempatan kali ini modifabis.com akan memberikan tips dan trik bagaimana kita mengganti oli mesin kendaraan kita dengan baik dan benar.

kebanyakan masyarakan Indonesia memiliki kendaraan bermotor tapi tidak mengetahui mana oli yang tepat dengan kendaraanya  masing-masing, selain itu sebenarnya kendaraan agan-agan dirumah memiliki API dan SAE yang berbeda jadi semisal motor agan 2 tak belum tentu cocok dengan oli 4 tak nah bagai mana cara mengetahuinya.



masih banyak sekali masayarakat yang sangat percaya dengan omongan tukang serice di pinggir jalan nah sebagai masyarakat yang cerdas sebaiknya ingat-ingat tuh mana oli yang tepat dengan kendaraan agan dirumah, semisal contohnya saya membeli Honda Vario 125 cc nah agan harus rajin tuh baca buku panduan Honda Vario 125 yang tertera biasanya Honda Vario menggunakan Oli mesin MPX2 dengan tingkat API dan SAE yang sama dengan spesifikasi mesin kendaraan agan.

namun sangat disayangkan sekali banyak pengguna kendaraan bermotor yang tidak tahu mana oli yang cocok dengan kendarraanya, mereka hanya percaya kepada teknisi bengkel di pinggir jalan yang mengatakan jika motor agan lebih irit pakai oli mesin ini, atau ada lagi yang bilang "bu kalo motor ibu pengin tambah kencang pakai oli mesin yang ini" nah ibu-ibu itu langsung aja percaya kalo sudah begini apa yang terjadi agan.

oli mesin memang dibuat menurut kadar kekentlan dan suhu yang disesuaikan dengan kendaraan standar yang diturunkan oleh pabrikan jika API dan SAE motor tersebut berbeda maka mesin motor yang agan pakai akan terpaksa kalo bisa dibiarkan terus menerus mesin motor agan akan cepat panas juga pemutaran mesinya pun berbeda.

"Itu orang mekaniknya aja nggak tahu. Malah saya direkomendasikan pelumas yang nggak sesuai kebutuhan spesifikasi. Mobil saya butuhnya API dan SAE sekian, direkomendasikan malah di bawahnya. Dia bilang ini cocok, padahal di buku manual mobil saya tidak sesuai rekomendasi," cerita Andria.

nah dari kesimpulan diatas sebaiknya kita sebagai masyarata masa kini harus lebih cerdas dari teknisi kendaraan bermotor ya gan, jangan sampai kita di bodohi dengan teknisi motor yang hanya sekedar tahu menurut seseorang saja tanpa memahami teori yang ada.

jadi agan bisa pilih kesimpulan mana antara percaya dengan oli mesin yang dipilihkan teknisi kendaraan bermotor, atau oli mesin yang baca lewat buku panduan kendaraan bermotor. menurut saya sih lebih baik agan menyesuaikan oli mesin yang kadar API dan SAE nya sama dengan buku panduan kendaraan bermotor agan dirumah, pakailah oli mesin standar dari pabrikanya motor tersebut.

terimakasih telah mengunjungi Modifabis.com jangan lupa baca juga artikel-artikel di modifabis.com disini masih banyak lagi yang lainya semoga bermanfaat bagi agan-agan dirumah. sampai jumpa dan by


Emoticon Emoticon

close