6 Cara Perawatan Rantai Motor

oke selamat datang di modifabis.com tempatnuya para pecinta modifikasi kali ini modifabis.com akan membagikan tips dan trik bagaimana merawat rantai motor anda tetap kuat dan terjaga, bagi kalian yang belum tahu merawat rantai motor tenang saja modifabis.com akan membagikanya secara komplit. 

rantai otor adalah komponen motor yang sangat penting , dimana fungsi dari rantai motor sendiri adalah sebagai penghubung pemindah gerak dari gerak gear mesin ke roda yang menghasilkan motor dapat berjalan. rantai sendiri ada juga memiliki berbagai bentuk dan kekuatan untuk anda yang memiliki motor tua biasanya rantai tersebut mulai kendor dan buth pergantian rantai pada saat pemilihanya pun rantai harus bagus dan asli tau ori. 

mungkin diantara agan-agan disini ada yang pernah membeli rantai palsu, untuk menghindari rantai palsu langkah yang harus kita cermati adalah kita jangan terlalu tegiur dengan harga murah yang diberikan bengkel karna biasanya harga tidak membohongi karna rantai ini hubunganya mesin takutnya rantai yang agan bli adalah rantai palsu yang dapat membuat gear mesin jadi penyok, cek juga label merek rantai tersebebut biasanya setiap motor memiliki mesin yang berbeda-beda dan ukuran rantai motor yang berbeda pula jangan sampai kita mengganti rantai motor honda kita dengan rantai yamaha agan belilah rantai honda juga. 

rantai juga benda yang dapat rusak sepertihalnya benda-benda yang lain dimana rantai sendiri dibuat oleh besi pilihan pabrik yang kuat namun yang namanya besi ketika terkena tegangan tinggi dan panas pasti akan memuai nah ini biasnya rantai panjang sebelah jika kita rasakan pada motor kita terdapat bunyi reg-reg saat jalan brarti motor kita rantainya panjang sebelah lantas apa yang kita lakukan jika rantai  motor sudah seperti ini.

rantai motor juga sangat penting lagi untuk keamanan di kasus ini banyak kecelakaaan sepeda motor yang dsebabkan rantai motor mereka putus dijalan , rantai tersebut putus seketika dan masuk ke dalam roda akhirnya roda tersebut berhenti seketika yan membuat motor dalam keadaan laju kencang terbalik, wah ngeri juga ya gan semoga pembaca setia modifabis.com ga ada yang seperti ini lantas bagaimana cara nya agar motor tidak putus mendadak dijalan,

sumber google


dengan perawtan rutin seperti apasih cara merawa rantai motor mari kita simak tutorial berikut ini. 

1. Cek Rantai Rutin
langkah yang pertama agan lakukan adalah mengecek rantai secara rutin, agan harus cek apakah rantai sudah pas ukuran kekencanganya karna pada rantai motor memiliki standar kekencanganya masing-masing jangan sampai  rantai motor anda terlalu kencang dan terlalu kendor untuk memastkikanya agan harus tekan rantai tersebut dengan tangan jika memang rantai agan terlalu kendor agan bisa menggantinya atau bawa ke bengkel, sebaiknya kita lakukan kegiatan ini secara rutin saat ingin mengendari motor ini yah gan, jangan terlalu buru-buru saat berangkat kerja lakukan cek pada rantai supaya memastikan kendaraan agan yang di pakai saat ini sudah benar-benar baik kondisinya. 

2. Bersihkan Rantai Rutin
untuk memastikan rantai kita tidak berkarat kita harus membersihkanya secara rutin, biasanya ini terjadi pada kendaraan yang janrang dipakai. kalo pun benar-benar motor anda kotor dan jarang dipakai agan harus bersihkan karna jika rantai kotor akan menyebabkan karat yang nantinya rantai agan akan macet dan susah untuk digerakan, hal ini menyebabkan mesin pada motor agan rusak bisa-bisa noken ass motor agan bisa patah bahaya juga kan gan.  agan harus membersihkan dengan cara mencucinya dengan sabun sampai ratai benar-benar besrsih dan kinclong. 

3. Gunakan Pelumas
rantai adalah besi yang  disambung-sambung dalam pergrakan rantai terdapat gesekan antara besin mata rantai yang satu dan yang satunya lagi, penyebab rantai patah dijalan adalah tidak jauh dari pelumas rantai motor yang kering yang akhirnya mengikis mata rantai dan dapat terjadi rantai patah. agan bis melumasi rantai tersebut dengan oli bekas ataupun agan bisa membeli pelumas oli pada toko onderdil terdekat. pelumas pada rantai tersebut juga bisa kering sewaktu-waktu yaitu saat terkena panas dan saat agan mencuci motor sebaiknya agan cek pelumas rantai apakah oli masih basah  kalo pun rantai motor agan sudah kering agan bisa tampahkan pelumas menyeluruh sampai merata sambil memutar-mutarkan ban.  
nota : saat memberi pelumas pada rantai motor ushakan jangan terlalu basah cukup sedikit saja pelumasnya

4. Potong Mata rantai Satu Kali Saja
bila memang rantai motor agan kencang separuh agan bisa memotong bagian rantai yang kendor dengan mengurangi mata rantai satu saja sampai ukuran rantai benar-benar sama dan perhatian yang harus gan ingat adalah jangan terlalu sering memotong mata rantai berkali-kali bisa-bisa rantai agan akan sangat kencang separuh yang dapat mematahkan noken ass dan membengkokkan mesin dan gear karna rantai adalah bagian mesin motor yang sangat penting. kalopun memang rantai motor agan benar-benar sudah pernah dipotong mta rantainya satu kali dan masih kendor agan sebaiknya ganti rantai yang baru , agan bisa membelinya di toko onderdil terdekat. 

5. gunakan rantai dan gear yang Ori
untuk memastikan motor agan benar-benar sehat adalah dengan cara membiasakan membeli rantai dan gear yang ori, sekali lagi kami sarankan jangan tergiur dengan harga murah karna jarang sekali onderdil motor yang murah berbahan ori atau asli bisa. gambaranya seperti ini gan walaupun rantai motor agan asli tapi jika gear pada motor agan ada yang palsu ini tetap saja membahayakan jika memang rantai tidak patah gera pada rantai juga bisa retak dan patah. tapi untuk sekarang ini biasanya pembelian rantai motor gear dan rantainya satu paket untuk menghindari barang yang tidak ori. 

6. jangan terlalu sering Gas pol motor mendadak
nah untuk yang satu ini biasanya di lakukan oleh anak muda, magsud dari gas pol mendadak adalah biasanya kan kita mengendarai motor dengan gas dari pelan sampai ke agak cepat tapi yan sering dilakukan anak muda adalah meng gas pol motor secra tiba-tiba yang menghasilkan rantai mesin bisa kaget ini kalo dilakukan tersu menerus rantai motor bisa putus mendadak ataupun sering kendor. 
pengendara motor yang baik sebaiknya mengendarai dengan standar kecepatan yang di resmikan pemerintah yaitu 60 Km/jam jangan terlalu sering kebut-kebutan itu juga bisa merusak rantai motor kita. 

nah itulah beberapa tips dan trik untuk merawat rantai motor agan sendiri dirumah, gimana sudah pada tahu kan, jika agan-agan dirumah ada yang ingin di pertanyakan agan bisa mengetik komentar di kolom komentar bawah. terimakasih telah mengunjugni modifabis.com dan jangan lupa baca terus modifabis.com semoga artikel-artikel kami sangat bermanfaat bagi agan-agan dirumah selamat beraktifitas dan sampai jumpa. 


Emoticon Emoticon

close