Cara Mengganti Fansbel Motor Matic Secara Sederhana dan Mudah

oke selamat datang di modifabis.com tempatnya para pecinta modifikasi motor untuk kesempatan kali ini modifabis.com akan memberikan cara bagaimana mengganti fansbel motor matik secara sederhana tanpa alat yang mahal, memang sebagian orang-orang untuk membongkar puley pada cvt motor matic rata-rata kesulitan untuk membongkarnya di karnakan alat yang di gunakan untuk membongkar onderdil CVT ini memang mahal dan susah untuk dicari, namun bagi agan-agan yang belum bisa mengganti fansbel motor matic tenang saja karna modifabis.com akan membagikanya secara lengkap.

sebelemnya modifabis.com mau ngasih tau dulu nih gan tentang bagaimana pentingnya fungsi fansbel bag mesin motor matic, fansbel berfungsi untuk menyalurkan tenaga dari puley putaran mesin ke puley putaran roda jadi fansbel sendiri tujuanya sama seperti rantai pada motor bergigi, memang kalo fansbel tidak perlu memberi pelumas seperti rantai namun setiap perbedaan fungsi kerja mesin motor mempunyai kelemahan dan kelebihan yang berbeda-beda seperti halnya kalao rantai motor mempunyai kelebihan lebih kuat tegangan atau rentangan namun untuk perawatan pada rantai motor perlu diberi pelumas jika tidak diberi pelumas putaran roda akan terasa berat karna karat yang dmiliki oleh rantai motor tersebut. tapi jika fansbel tidak usah diberi pelumas seperti rantai motor pada biasanya namun fansbel bisa patah dan susah di perhatikan karna letak posisi fansbel terletak didalam Cover CVT , tujuan dari cover CVT ijni adalah untuk melindungi fansbel dari air dan debu karna struktur fansbel yang terbuat dari campuran karet jika fansbel terkena air dan debu maka fansbel akan kehilangan keelatisanya.

untuk melihat apakah fansbel agan sudah layak ganti agan pstikan dulu biasanya di fansbel motor matic ada tulisan ukuran fansbel jika tulisan tersebut pudar brarti fansbel sudah aus dan layak ganti apalagi jika fansbel motor matic sudah retak ini cukup bahaya yah gan, apalagi bila agan menggunakan motor di malam hari dan fansbel patah motor agan gak bakal bisa jalan dan susahnya lagi kalo malam tidak ada bengkel yang buka.

bagi agan-agan yang memiliki motor matic sebaiknya service CVT secara berkala atau anda bisa mengeservicenya sendiri dirumah dengan cara membersihkanya saja did alam CVT tersebut, sebenarnya rumus yang di perhatikan dari CVT ini adalah harus bersih tanpa debu dan kotoran , jadi kita bisa lihat setelah membongkar cover CVT harus benar-benar bersih. nah jika Fansbel patah terus langkah untuk memperbaikinya seperti apa sih, oke mari kita simak tutorial berikut ini.

alat yang agan butuhkan
kunci T 10 mm
Kunci Shock  22 mm (untuk membongkar Puley)
mata obeng ketok

bila alat-alat seperti diatas sudah terkumpul mari kita lanjut ke langkah penyelesainya

1. yang pertama agan harus buka dulu cover CVT nya dengan menggunakan kunci T 10 mm , biasanya setiap letak Cover CVT terdapat baud yang panjangnya berbeda-beda untuk menghindari ketukar setiap agan melepas baud di cover CVT agan harus sisihkan ditempat yang aman dengan tempat yang berbeda-beda.

2. setelah CVT terbuka terlihat bagian CVT nah nanti yang kita akan buka adalah Puley yang dari putaran mesin atau puley bagian depan silahkan agan lihat gambar supaya lebih jelas.


3. untuk membongkar puley bagian depan agan gak usah mahal-mahal membeli alat penahan Putaran Puley, cukup dengan mata obeng ketok saja agan bisa membukanya dengan cara ganjelkan mata obeng ketok diantara gigi puley depan dengan garis-garis yang ada pada cover CVT bagian belakang. supaya agan paham silahkan lihat gambar


4. setelah mata obeng ketok sudah bisa mengunci putaran puley agan bisa kendorkan baud puley dengan kunci Shock ukuran  22 mm

5. lepaskan puley bagian depan , cukup lepaskan yang depanya saja setelah itu kita lepaskan fansbel tadi yang mau diganti,


6.ganti fansbel yang baru cara pasangnya tinggal masukan fansbel yang baru ke puley belakang dan putar-putar puley sampai fansbel masuk


7. setelah itu pasang kembali puley bagian depan, dengan cara menggancel putaran puley dengan mata obeng ketok, untuk pemasanganya kita gunakan terbalik jadi tadi saat mengganjel untukmembuka agan ganjel agar saat putaran puley berbalik arah jarum jam tidak berputar. dan untuk mengencangkan baud puley bagian depan agan harus ganjel mata obeng ketok agar puley tidak berputar searah jarum jam.



8. fansbel telah diganti dan puley sudah dipasang dengan kencang dan selesai


nah itulah tips dan trik untuk membongkar dan mengganti fansbel motor matic hanya dengan mata obeng ketok cukup simpel dan murah kan gan, gimana sudah paham kan bagi agan-agan yang masih belum paham silahkan ketik pertanyaan di kolom komentar dibawah. terimakasih telah mengunjungi modifabis.com semoga artikel-artikel kami bermanfaat bagi agan-agan dirumah selamat beraktifitas dan sampai jumpa.


Emoticon Emoticon

close