Cara Mengatasi Shock Depan Macet

oke selamat datang di modifabi.com tempatnya para pecinta modifikasi motor dan mobil untuk kesempatan kali ini modifabis.com kan membagikan cara mengatasi Shock depan motor yang keras bagi kalian yang belum bisa mengatasi Shock depan motor yang keras tenang aja modifabis.com akan membagikan caranya secara komplit dan jelas.

sebelumnya modifabis.com mau ngasih tau dulu nih gan kalo pentingnya Shock Motor fungsi dari shock motor adalah sebagai tenaga pegas yang untuk mengurangi tingginya etaran pada sepeda motor, jika motor tidak memiliki Shock maka motor yang kita naiki tidak akan nyaman gan coba aja agan bayangkan kalo Shock motor agan tidak bisa memegas alias memantul saat agan kena jalan yang rusak otomatis motor akan berguncang dan yang lebih parah lagi adalah kita bisa jatuh kalo tidak bisa mengendalikanya dengan baik. 

nah terutama pada kasus kali ini motor yang kita naiki ternyata mengalami kerusakan pada Shock depan sehingga kita tidak nyaman lagi saat mengendarai motor tersebut, terus kenapa sih tiba-tiba motor mengalami hal kerusakan di Shock depan seperti itu. sebenarnya Shock motor bagian depan agan macet ada banyak sekali permasalahanya mulai dari motor mungkin bekas kecelakaan atau motor bekaas nabrak atau pun motor bisa saja habis terkena lobang yang terlalu dalam. intinya dari shock depan motor agan macet adalah karna terjadi benturan yang keras dan mengakibatkan kerusakan pada stang rajawali bengkok yang menjadikan shock depan motor tersebut macet. 

bila agan sebelumnya telah mengganti seal ataupun mengganti oli pada shock motor tersebut tapi masih tetap macet agan jangan langsung mengganti shock yang baru karna itupun tidak akan mengembalikan seperti shock yang baru. intinya dari kerusakan ini adalah yang rusak hanya stang rajawalinya bukan dari shock nya karna stang rajawali bengkok yang pada akhirnya shock tertekan ke dalam atau keluar membuat shock depan motor agan menjadi macet. 

seperti pada kasus kejadian motor dibawah ijni ada kasus motor honda yang kata pemiliknya tidak tahu kenapa shock depan motor orang ini tiba-tiba macet padahal kata orang tersebut sudah mengganti seal pada shock depan motor tersebut tapi kok sealnya masih tetep boor bahkan sering rusak. langkah yang pertama adalah kita lihat dulu bagian shock depan motor apakah sudah lurus atau tidak... contoh lihat pada gambar. 





dan ternyata shock depan motor tersebut telah mentang atau bengkok keluar, nah bengkok seperti ini sebenarnya dihasilkan dari stang rajawalinya gan agan bisa lihat gambar supaya paham. 



untuk memperbaiki stang rajawali yang bengkok keluar atau kedalam sebenarnya bisa kita press di bengkel press motor. dan biasanya memakan biaya sekitar 150 ribu tapi karna saya tidak ingin membayar biaya mahal saya sendiri memkirkan cara bagaimana membuat shock depan motor saya menjadi empuk kembali untuk langkah-langkahnya mari kita simak tutorial berikut ini :

1. kendorkan mur as roda depan
langkah yang pertama adalah kita mengecek stang rajawali seberapa parahkah bengkoknya dengan cara mengendurkan mur as roda depan (hanya kendurkan saja tidak usah dilepas)


2. terlihat SHock depan mentang
setelah kita mengeendorkan mur as roda depan kita lihat ternyata shock depan motor kita mentang. nah kita lihat yang mengalami kerusakan sebenarnya dari stang rajawali, jika kita kencangkan as roda depan otomatis shock depan motor dan as roda akan tertekan dan akan bengkok bukan hanya itu jika kita memaksakan seperti ini as roda bisa patah. nah inilah sebenarnya kenapa seal shock depan sering rusak. 


3. pengakalan
untuk mengakali hal seperti ini kita lihat di as roda depan terdapat terdpa bost as yang renggang atau terdapat spasi pada bost roda depan. sebenarnya bost as roda depan ini tidak boleh renggang untuk mengatasinya kita tidak usah mengganti bost as. 



4. kasih ring
nah kita lanjut lagi untuk mengatasinya kita tidak usah mengganti bost as roda depan cukup kita beri ring baud yang ukuranya sama dengan bost as saya hanya menggunakan 2 eing tujuan dari ring ini agaar bost as roda depan tidak renggang . untuk memasangnya tinnggal agan lepas roda depan motor tersbut terus letakan 2 ring tadi di sampaing bost as roda depan. 



5. selesai

nah itulah tips dan trik dari modifabis.com untuk mengatsi Shock depan motor agan yang macet jika sudah diganti oli shock dan ganti seal shock masih tetap macet ternyata yang rusak atau bengkok adalah stang rajawalinya kalo agan-agan ingin bertanya soilahkan bertanya di kolom komentar. 

terimakasih telah mengunjungi modifabis.com semoga artikel ini bermanfaat bagi agan-agan dirumah dan jangan lupa baca terus modifabis.com selamat beraktifitas dan sampai jumpa. 


1 komentar :

Kalau yang rusak tabungnya seret meskipun di lepas dan as shocknya baru gimana cara ngatasinya?
Seretnya kalau masuk ke dalam dan gak bisa balik


Emoticon Emoticon

close