Cara Mengatasi kabel Kopling Motor yang Macet atau Berat

oke selamat datang di modifabis.com tempatnya para pecinta modifikasi motor dan mobil untuk kesempatan kali ini modifabis.com akan memerikan cara bagaimana mengatasi kopling motor yang keras atau mati, koplibng keras ini diibaratkan kalo agan mau koling motor saat di tekan susah berat atau tidak mau membalik lagi . nah bagi kalian yang belum bisa memperbaiki pedal kopling yang berat atau mati tenang aja modifabis.com akan memberikan caranya secara komplit dan jelas.

sebelumnya modifabis.com mau ngasih tau dulu nih gan tentang komponen koling bagi motor itu sangat penting untuk pengoperan gigi agar lebih halus, tapi biasanya kopling sndiri ada di motor-motor gedhe dan mobil yah gan nah kasus yang menyebalkan adalah saat kita mau oper gigi pas menekan kopling yang kita rasakan macet atau berat mungkin itu sangat mengganggu kenikmatan kita saat berkendara, bukanya kita senang jalan-jalan saat berkendara tapi malah kita tambah emosi saat menekan pedal rem yang keras apalagi bila pedal rem sampai macet tidak mau membalik motor kita gak akan bisa jalan gan.

untuk kerusakan kali ini penyebab rusaknya pedal gas ada beberapa macam gan, mulai dari per kopling yang mati atau patah yang posisinya diatas mesin atau didalam mesin, jadi saat kita menekan pedal kopling tidak akan kembali ke posisi semula. ada juga yang rusak karna tali gas koplingnya patah, nah kalo kita temukan semacam seperti kerusakan-kerusakan ditatas langkah yang harus kita lakukan adalah mengganti onderdil yang rusak, dimana membelinya ya ditoko onderdil tentunya.  namun jika kita temukan kerusakan pedal rem yang berat atau mati tapi kabel gas koling tidak patah dan per kopling didalam mesin tidak patah bagaimana solusinya gan tenang aja, jika memang per didalam mesin tidak patah juga kabel gas kopling tidak patah berarti yang mengalami kendala adalah kabel koplingnya gan, kable kopling terdiri dari selang dan kawat baja dimana selang tersebut dilapisi oleh plat baja yang kemungkinan terjadi adalah selang kabel kopling kotor terdapat kotoran-kotoran yang menggumpal jadi kawat baja yang berada di tengah selang kabel koling terhambat tidak bisa kembali ke posisi semula, nah untuk mengatasi ini mari kita lanjut ke tutorial berikutnya.

alat yang agan butuhkan adalah
1. oli bekas

cuman oli bekas aja agan bisa membetulkan koling motor agan yang macet atau berat

1. langkah yang pertama agan lepas dulu mur yang mengunci kabel koling diatas mesin , supaya agan paham bisa langsung lihat gamabr.


2. selanjutnya untuk membuka kabel kopling pada pedal kopling juga ada tehniknya gan, lihat ada 2 besi yang bisa kendurkan didepan pedal kopling nah ada tandanya juga bolongan yang ada di bundaran depan pedal kopling. agan luruskan dulu lubang yang ada di pedal kopling dan besin bundaran pengunci tersebut.


3. lalau tarik pedal kopling ke atas pas pada lubang tadi,


4. kabel kopling berhasil kita lepas , dan langkah selanjutnya adalah kita tarik kabel kopling bagian dalam agar terlihat kawat bajanya. nah kawat bajanya itulah yang kita lumasi dengan oli bekas agan bisa menaruh oli mesin bekas didalam bekas oli gardan masukan oli kedalam selang kabel sedikit-sedikit dan mengocoknya sampai benar-benar oli masuk kedalam kabel gas kopling.


5. kocok terus kabel gas kopling sampai benar-benar ringan dan tidak berat.

6. setelah ringan agan pasang kembali kabel gas koplingnya lalu kencangkan kembali mur yang berada diatas mesin.

7.selesai

nah sekarang koling agan sudah enak dan tidak macet lagi kan, jadi agan gak usah repot-repot membawa motor agan ke bengkel dan mengeluarkan ongkos cukup agan saja dirumah juga bisa membetulkan motor sendiri kalo agan belum tau coba aja kunjungi modifabis.com disini letaknya tutorial seputar otomotif kalo agan msih ada pertanyaan silahkan beranya dengan cara mengetik komentar di bawah.

terimakasih telah mengunjungi modifabis.com semoga artikel kami bermanfaat bagi agan-agan dirumah dan jangan lupa kunjungi terus modifabis.com selamat beraktifitas dan sampai jumpa.


Emoticon Emoticon

close