8 Cara Mengatasi Kenapa Gas Mobil Kita Brebet

oke selamat datang di modifabis.com tempatnya para pecinta modifikasi mobil dan motor untuk kesempatan kali modifabis.com akan memberikan tips dan tirk mengatasi gas mobil yang brebet baik itu berbahan bakar solaar dan berbahan bakar bensin, bagi kalian yang belum bisa mengatasi gas mobil brebet tenang saja modifabis.com akan memberikan tips dan triknya secara komplit dan jelas. 

sebelumnya modifabis.com mau kasih tau dulu nih tentang pentingnya gas untuk kendaraan mobil baik itu bensin dan solar, fungsi gas sendiri adalah untuk mengatur seberapa kencangnya ukuran putaran mesin dan ketika gas kita injak penuh maka putaran mesin akan sangat cepat hal itu menyebabkan putaran mesin yang dihasilkan oleh tenaga mesin tersbut teralir ke putaran roda melalui transmisi mobil. gas yang kita injak tadi sebenarnya adalah lubang keluarnya bahan bakar ke ruang pembakaran semakin kita injak gas ke dalam maka lubang pembakaran akan semakin besar jadi menghasilkan tenaga putaran mesin yang besar pula tapi jika kita menginjak gas kecil maka lubang bahan bakar yang teralir ke pembakaran akan kecil dan itu menghasilkan tenaga putaran mesin yang kecil pula. 



penyebab gas mobil brebet adalah sebenarnya banyak penanganan dan permasalahan yang sering kita pakai, contohnya pada busi , busi sendiri berfungsi untuk menghasilkan percikan api jika busi tersebut rusak atau sudah tidak berfungsi maka pembakaran mobil akan berkurang kinerjanya. untuk menghindari dari kejadian gas mobil agan brebet agan harus rutin cek mesin mobiol secara berkala nah apa saja sih yang mau kita cek untuk mengatasi gas mobil yang brebet mari kita simak tutorial berikut ini. 

1. cek filter angin mesin
nah yang satu ini sering sekali orang-orang terlewat wawlaupun memang agak sepele filter angin ini tujuanya untuk menyaring angin yang masuk ke mesin sebagai ruang masuknya angin untuk pembakaran karna kita sering lalai memeriksa filter angin sampai-sampai filter angin tersumbat kotoran dan angin tidak bisa  masuk ke ruang pembakaran yang akhirnya pembakaran pun tidak maksimal dan pincang, agan bisa cek dengan ara membongkar filter angin dan didadlam filer angin terdapat elemen yang terbuat dari kertas lunak yang berfungsi sebagai menyaring angin yang masuk agan lihat apakah filter sudah kotor, jika memang benar filter sudah kotor agan bisa membersihkanya dengan kompresor. filter angin juga memiliki usia yang harus di ganti secara rutin usia maksimal filter angin pada mobil adalah 2-4 tahun. ingat jangan agan sekali-kali mencuci filter angin dengan air karna angn yang masuk ke mesin tidak boleh berair dan berembum. 

2. cek Busi
yang ini pasti gan , didalam mesin mobil yang standar biasanya ada 4 busi untuk mengeceknya apakah busi masih jalan atau tidak mari kita simak tutorial berikut ini.  : 
untuk busi mobil bensin agan harus lepas busi satu persatu, 
-lepas  kabel yang menuju ke busi 
-lepaskan busi satu persatu
-cek dengan cara menyambungkan kabel busi lagi ke busi lalu tempelkan busi ke bodi mobil lalu stater apakah ada percikan api, kalo tidak ada percikan api berarti busi mobil agan harus diganti

untuk mobil solar.
mobil solar tidak enggunakan busi seperti biasanya mobil solar hanya menggunkan busi pemanas sebagai penyalur pengapian ke ruang pembakaran mesin diesel.  nah untuk mobil solar biasanya tidak ada kabel yang menuju ke busi melainkan kabel (+) langsung dari kontak On saat kita menjalankan mobil pertama cara pengecekanya seperti ini :
- lepas plat besin ayng menempel ke busi pemanas
- lepas busi satu persatu 
- tempelkan busi dengan kabel + langsung aki mobil
- apakah busi pemanas memerah agan bisa melihat jika memerah berarti busi masih benar atau agan bisa mencelupkan ke oli bekas kalo oli bekas terbakar berarti busi pemanas agan masih berfungsi. 

3. cek bahan bakar
untuk mobil bensin dan solar untuk mengecek bahan bakarnya tidak jauh berbeda, bahan bakar yang kotor biasanya menggangun pembakaran mobil yang menghasilkan gas pada mobil kita brebet untuk penanganan dan pengecekanya seperti ini. 
-lepas selang yang menuju ke pompa bensin atau solar 
- cek apakah bensin dan solar kotor 
jika memang bahan bakar yang kita miliki dalam mobil kotor ini sangat berbahaya sekali gan, untuk menghindari seperti ini agan jangan keseringan membeli bahan bakar di pingir jalan karna ada kelemahanya. biasanya penjual bahan bakar eceran suka dicampur dari solar ke bensin untuk keuntungan yang berbeda tapi hal tersebut ternnyata berbahaya bagi mein mobil kita gan, bahan bakar yang sudah di campur biasanya menggumpal dan menggangu kinerja pembakaran mesin mobil , atau kalo tidak bahan bakar yang agan beli ternyata sudah kotor agan harus jeli setelah membeli bahan bakar di setiap SPBU jika SPBu tersebut menjual bahan bakar yang kotor lebih baik mulai besok agan jangan beli bahan bakar di SPBU tersebut ganti dengan SPBU yang lebih bersih dan terjamin. 

4. cek filter solar atau filter bensin
nah yang ini juga biasanya agan sering kelewatan, walaupun bensin dan solar kita bersih jika filter solar yang kita pakai sudah kotor maka akan menyujmbat penyaluran bahan bakar ke ruang pembakaran atau bisa dikatakan bebel, karna terlalu kotornya filter bahan bakar bensin tidak bisa masuk ke ruang pembakaran yang menyebabkan mobil kita seolah-olah kehabisan bensin dan akan mogok jika ini tidak diganti secepatnya. pemakaian filter soalr lebih cepat dibandingkan dengan filter bensin untuk filter solar sendiri biasnaya penggantianya dari 1 bulan sekali sampai 3 bulan sekali secara rutin dikarnakan filter solar lebih cepat kotor oleh solar yang memang bahan bakarnya lebih kotor dibandingkan bensin.  untuk filter bensin sendiri biasanya penggantianya dari 6 bulan sekali sampai 8 bulan sekali bahkan ada yang tidak diganti lama tapi kita usahakan untuk filter bensin kita ganti secara rutin karna mesin bensin lebih lemah dibandingjkan dengan solar jika bensin kita terlalu kotor maka akan menyebabkan kerusakan pada meisn bensin.

5. cek tangki bahan bakar
nah yang ini biasanya jarang sekali pada mobil-mobil baru gan , yang sering ktia jumpai adalah mobil-mobil lama dengan tangki bahan bakar yang kotor. tangki bahan bakar kotor juga menjadi kendala gas pada mobil kita brebet biasaya kotoran yang berada pada tangki bahan bakar kita adalah terlalu tua usia mobil kita dan penyebabnya adlah plat pada tangki mobil kita mulai lepas atau terdapat lumut-lumut yang dapat menyumbat pembakaran hal hal ini biasanya dapat merusak pada seluruh komponen dari filter bahan bakar sampai ke ruang pembakaran akan cepat kotor, jika agn curiga kenapa filter solar atau filter mobil agan cepat kotor agan harus cek tangki bahan bakar mobil agan bisa-bisa tangkinya sudah terlalu kotor. walaupun bahan bakar yang kita beli adalah bahan bakar yang bersih baik itu bensin atau solar tapi tetap saja bahan bakar agan akan menjadi sangat kotor jika masuk ke dalam tangki bahan bakar mobil kita. untuk pengecekanya memang cukup rumit agan harus mengetap kan semua bahan bakar mobil agan dulu lalu melepas tangki bahan bakar dan mencucinya kalo agan tidak berani membongkar sendiri sebaiknya agan bawa aja ke bengkel. 

6. cek filter oli
filter oli juga berpengaruh terhadap gas pada mobil kita brebet , jika dilter oli terlalu kotor dan memadat maka oli pada mesin mobil kita tidak bisa berputar dan tersumbat hal ini menyebabkan biasanya mesin pada mobil kita baik itu mobil diesel ataupun mobil bensin bisa epat panas dan mematahkan noken ass, wah cukup ngeri juga yah gan kita harus ganti filter oli secara berkala setiap mobil bensin dan solar agan harus ganti setiap 3-6 bulan sekali atau 3 tap pengganian oli sekali.

7. cek oli
nah yang satu ini adalah komponen mesin sebagai pelumas dan pendingin yang sangat penting oli merupakan pelumasan pada putaran mesin mobil jika oli kita kotor d an sudah terlalu menggumpal maka mesin meobil kita akan sangat berat untuk mengangkat dan saat di stater biasanya akan brebet dan mogok jika memang ini terjadi juga sangat berbahaya bagi mesin mobil kita sedikit terlambat pengagntian olui mesin mobil kita bisa merusak seluruh komponen didalam mesin mobil kita dan biasanya turun mesin, maka dari itu agan harus cek berkala oli pada mesin mobil kita apakah sudah harus ganti atau oli mesin mobil rembes sehinggan emsin mobil kehabisan oli jangansmapi hal itu terjadi. 

8. panaskan mobil rutin
jika agan memang jarang sekali memakai mobil agan sebaiknya agan panasi mobil agans ecara rutin, jika mobil jarang diapakai maka didalam mesin mobil kita akan sangat lembab di pagi haru dan berjamu , hingga saat kita menyalakan mesin mobil pertama akan brebet tapi setelah kita nyalakan agak lama biasnya sudah tidak brebet lagi. 

nah itulah tips dan trik untuk mengatasi gas pada mobil kita brebet gimana sahabat modifabis.com sudah pada paham semua kan jika agan-agan masih ada pertanyaaan silahkan bertanya dengan cara mengetik komentar di kolom komentar , terimakasih telah mengunjungi modifabis.com semoga artikel-artikel kami bermanfaat bagi agan - agan dirumah selamat beraktifitas dan sampai jumpa. 


Emoticon Emoticon

close