Cara Mengganti Calter Oli mesin Izuzu Phanter

okes selamat datang di modifabis.com tempatnya para pecinta modifikasi motor dan mobil , kali ini modifabis.com akan membagikan tips dan tri bagaimana cara mengganti calter oli mobil phater buat kalian yang belum bisa tenang saja modifabis.com akan membagikanya secara lengkap jadi baca terud  modifabis.com ya. 

sebelumnya saya kasih tau dulu gan tentang oli mesin pada mobil, oli adalah bagian komponen mesin yang harus rutin agan ganti , kalo saya sendiri sih rajin mengganti oli mesin saya setiap 10.000 KM nah kalo jarang agan pakai ya umumnya 3 bulan sudah agan ganti karna oli adalah bagian yang sangat penting untuk mesin. fungsi dari oli mesin sendiri adalah mendinginkan tingkat panas mesin dan juga melumasi bagian putaran mesin, jadi kalo agan-agan disini jarang ganti oli mesin atauun telat mengganti oli mesin bisa bahaya loh ... bisa jadi mesin pada mobil agan rusak atau terjadi noken ass patah. waaduh kalo sudah kaya gini agan siap-siap turun mesin tuh dan harganya kalo turun mesin mobil bisa sampai 5 jt sampai 7 juta loh gimana mahal juga kan. ya semoga pembaca setia modifabis.com gak ada yang ngalamin kaya gini ya. 

dalam oli mesin pun agn juga harus rajin memilih ada yan ukurangya lebih kental dan lebih encer untuk oli mesin diesel seperti phanter baiknya agan pilih oi mesin yag agak kental ya, dan penggantian seperti filter oli pun juga harus rutin biasanya filter oli diganti rutin setiap 2 tap agan ganti oli mesin.  

nah untuk kasus yang mau saya bahas adalah tutorial pengantian calter oli pada mobil phanter , kenapa harus di ganti si ? sebelumya sebelum mengganti calter sebaiknya kita cek dulu dibawah di samping diantara tutup baud pembuangan oli kita lihat apakah pada sisi-sisinya oli mesin terlihat rembes, kalo pun iya rembes itu bisa bahaya gan bisa-bisa oli mesin agan secara tidak sadar berkurang sendiri dan habis sebaiknya agan harus-cepat-cepat ganti calter. ini untuk kasus saping calter rembes oli aja kalo samping calter masih kering gak usah di ganti calternya. 


nah bagimana sih mengganti calter oli mesin mari kita simak tutorial berikut ini. 
untuk memastika lagi calter agan bersihkan dulu dengan bensin sampai bersih dan pastikan apakah benar-benar rembes pada sisi-sisi penampungan oli. kalo memang benar mari kita ganti calternya

alat yang harus ada
1. kunci T 10 
2. obeng (-)
3. pisau
4. sabun cream ekonomi
5. sealer merah karet
6. calter baru (biasanya harganya 40 rb sampai 50 rb yang ori)

langkah -langkahnya
1. untuk langkah yang pertama agan harus kuras dulu oli mesinya dengan cara melepas baud pembuangan oli mesin di bawah dan sediaan penampung oli yang di buang tadi karna ini bukan mengganti oli sebaiknya setelah oli terkuras habis agan jangan buang olinya, tuangkan oli ditempat ember atau bebas terserah agan dan setelah itu simpan oli yang tadi di kuras.

2. setelah oli terkuras habis sekarang tinggal langkah pelepasan baud 10 yang mengelilingi tampungan oli agan bisa melepasnya dengan kunci T 10 mm, lepaskan baud satu persatu dan taruh baud di tempat yang aman agar tidak hilang dan kurang

3. setelah tampungan oli terlepas agan buang dulu sisa-sisa calter yang masih menempel di bagian sisi tampungan oli, bersihkan dengan obeng (-) bisa juga dengan pisau


4. setelah sisa-sisa calter dan sealer hilang , cuci seluruh bagian tampungan oli dengan air sabun , dan sikat sampai tampungan oli benar-benar bersih


5. dan ketikan agan menganti calter oli, sebaiknya agan juga mengganti filter oli sekalian karna untuk memastikan oli mesin benar-benar murni dan bersih. 


6. sediakan calter phanter yang sudah dibeli dan sealer merah, 


7. oleskan dulu selaer merah pada bagian sisi-sisi tampungan oli, oleskan sampai merata jangan sampai berlubang-lubang. harus rapi karna takutnya kalo tidak merata dan rapi oli akan rembes kembali dan semua pekerjaan kita jadi sia-sia. 


8.  letakan calter diatas olesan seale merah tadi, dan oleskan lagi diatas calter dengan sealer merah sampai merata dan menutupi calter


9. pasang kembali tampungan oli , pasang dengan hati-hati dengan cara masukan dulu baud-baud 10 mm nya semua jangan di kencangi dulu. lalu setelah baud 10 mm terpasang semua baru dikencangi satu persatu secara zigzag. tujuanya agar bagian sisi-sisi calter benar-benar rapat dan tidak bocor.


10. masukan kembali oli mesin yang tadi kita kuras, ukur dulu apakah oli yang tadi kita kuras sudah berukuran 4.5 liter jika kurang agan beli oli msin diesel yang 1 liter aja untuk menambahkan ukurannya. sambil mengisi oli liha stick oli apakah sudah diantara garis low dan hight. jangan sampai melewati garis hight dan low harus pas. 


11. selesai agan bisa menyalakan mesinya dan rasakan apakah suara mesin sudah enak, dan lihat ke kolong bawah apakah di sisi-sisi tampungan oli sudah tidak rembes lagi, karna kita sudah menuci bersih tampungan oli tadi , jadinya rembes atau tidaknya bisa terlihat jelas.

selesai

ok oitu tips dan trick mengganti calter oli mesin mobil phanter giman sudah pada tah kan, kalo agan masih belum paham silahkan bertanya dengan cara mengetikan komentar dibawah di kolom komentar dan komen yang sopan ya. 

terimakasih telah mengujungi modifabis.com semoga artikel kami dapat bermanfaat dan membantu agan-agan dirumah dan jangan lupa baca terus artikel-artikel di modifabis.com sampai jumpa selamat beraktifitas dan sampai jumpa. 


Emoticon Emoticon

close