Cara Mengganti Air Radiator Motor Matic Semua Honda yang Paling Benar

oke selamat datang di modifabis.com tempatnya para pecinta modifikasi motor dan mobil untuk kesempatan kali ini modifabis.com akan memberikan cara agaimana mengganti air radiator yang benar bagi kalian yang belum bisa mengganti air radiator motor matic semua honda tenang saja modifabis.com akan jelaskan secara komplit mari kita simak terus sampai habis.

air radiator memang sangat penting bagi mesin kendaraan bermotor , air radiator sendiri bertujuan untuk mendinginkan mesin motor yang sedang berjalan. nah kalian tahu gak sih bagaimana mesin bila tidak ada radiatornya atau air radiator kering sangat bahaya sekali loh gan mesin tersebut dapat melampoi panas yang berlebihan dan akan overhead istilah ini berarti motor agan akan rusak. karna panas tersebut akan mengeringkan oli mesin yang ada di dalam motr matic kita otomatis noken ass ataupun stank piston motor matic kita akan patah nah kalo sudah begini kita harus bawa kebengkel dong turn mesin , ya semoga  pembaca setia modifabis.com gak ada yang ngalamin hal semacam ini yah gan.

tapi eh tapi air radiator tidak bisa disepelekan begitu saja loh gan , agan harus sering rajin ngecek air radiator apakah masih ada atau sudah habis jangan sampai kecolongan yah gan. air radiator sendiri bisa habis karna panasnya suhu yang berada dalam mesin membuat air radiator tersebut menguap, dan air radiator tersebut juga bisa kotor loh gan kalo kita jarang sering ganti air radiator tersebut , kotornya air radiator membuat mesin motor kita berkarat dan kotor didalamnya. air radiator ini berputas mengelilingi mesin jadi kalo air radiator kita sampai kotor itu bisa mempengaruhi kinerja mesin, mesin bisa kropos dan rembes akhirnya rusak jadi untuk menghindari mesin motor matic agan rusak sebaiknya agan cek dan ganti air radiator berkala jangan cuman di isi saja agan motor agan juga buth penggantian air radiator rutin, nah bagaimana sih mengganti air radiator yang benar jangan salah kaprah yah gan mari kita simak tutorial berikut ini.


sebelumnya agan siapkan dulu alat-alatnya
1. tang
2. kunci ring 10 mm
3. obeng


kalo alat-alat diatas sudah terkumpul tinggal ke langkah-langkah mengganti air radiator yang benar semua mesin honda

1. yang pertama adalah agan sumbat dulu selang dari reservoir , fungsinya adalah agan menyimpan air radiator yang di reservoir agar saat agan menguras air radiator yang di radiator dan mesin di reservoir tidak ikut terkuras karna kebanyakan orang kesalhan yang fatal mengganti air radiator semua sampai reservoir terkuras dan nantinya saat mengisi air radiator lagi ternyata kurang ini bisa berbahaya, karna air radiator harus penuh terisi.


2. agan buka dulu covernya agar mudah melihat komponen radiator.


3. kemudian kuras air radiator dengan cara membuka baud buangan air radiator dengan tang karna baudnya berbentuk bundar, saat menguras dipastikan tutup radiator juga terbuka agar airnya terkuras habis.


4. setelah air radiator didalam radiator terkuras habis agan kuras juga air radiator yang ada didalam meisn, nah yang satu ini biasanya dilewati oleh beberapa mekanik karna terlalu menyepelekan sebetulnya air radiator yang kotor terdapat didalam mesin tersbut jadi kita kuras juga air radiator yang ada didalam mesin, agan harus lepaskan baud pembuanagn air radiator yang berada di mesin. supaya agan lebih paham silahkan lihat gambar.



5. setelah air radiator yang ada di mesin dan diaradiator terkuraas habis, maka agan tutup kembali baud pembuangan air radiator yang berada dimesin dan di radiator lalu isikan radiator dengan air radiator sambil menyalakan mesin. menyalakan mesin disini tujuanya agar air radiator berputar pada mesin dan mengisi kedalam mesin.


6. nah sekarang sudah selesai langkah penggantian air radiatornya agan bisa pasang kembali cover radiatordan pasang kembali tutup radiator usahakan tutup radiator jangan kendur ya gan takut jatuh dan air radiator akan habis saat tutup hilang atau copot. jangan lupa pasang kembali selang radiator yang terhubung dengan reervoir.


7. untuk sisa air radiator tadi agan bisa mengisinya di resevoir tampungan radiator, ingat saat mengisi resevoir jangan penuh-penuh karna ada selang tujuanya untuk bernafas resevoir tersebut. jadi isi resevoir dengan air radiator dengan ancer-ancer dibawah selang pernafasan resevoir

8. selesai


nah itulah tips dan trick cara mengganti air radiator motr matic semua Mesin Honda apakah kalian sudah paham jika agan-agan disini ada yang ingin di tanyakan silahkan ketik pertanyaan di kolom komentar dibawah ya , terimakasih telah mengunjungi modifabis.com dan jangan lupa baca terus artikel-artikel di modifabis.com semoga bermanfaat bagi agan-agan dirumah selamat beraktifitas dan sampai jumpa.



Emoticon Emoticon

close