Cara Mengatasi Motor Matic Honda Ngempos Tidak Bertenaga

oke selamat datang di modifabis.com tempatnya para pecinta modifikasi motor dan mobil untuk kesempatan kali ini modifabis.com akan membagikan cara membuat motor matic honda kencang dengan setel kelep ukuran. bagi kalian yang belum bisa membuat motor matic honda anda kencang tenang saja modifabis.com akan membagikan caranya secara komplit.

sebelumnya modifabis.com mau ngasih tau dulu nih gan, kalo mtor matic honda kita jarang di service otomatis suatu saat motor kita akan ngempos dan tidak bertenaga maka dari kita kita sebagai pengguna kendaraan bermotor untuk menghindari masalah ini sebaiknya kita lakukan service motor kite secara rutin. motor ngempos karna jarang di service sebenarnya karena ukuran kelep motor yang pudar , secara lama ke lamaan kalo motor matic honda kita sering di pakai makan ukuran yang adinya ada di kelep motor akan berubah di karnakan getaran motor yang besar membuat perubahan rengaangan pada kelep motor tersebut.

tapi kali ini misal kita tidak punya waktu ke bengkel sebenarnya kita bisa sendiri menyetel kelep motor kita, tapi harus hati hati yah gan karna menyetel kelep motor butuh keahlian salah sedikit motor agan akan ngempos dan tidak bertenaga karna salahnya ukuran kelep, ukuran kekencangan kelep pun juga jangan terlalu kencang karna bisa patah baud kelepnya. nah untuk menyetel kelep motor honda mari kita simak tutorial berikut ini.

sebelumnya agan harus siapkan dulu alat-alat nya
1. obeng +
2. obeng -
3. kunci ring 10/ L 10 mm (untuk membuka cover kelep)
4. kunci ring 8 mm untuk menyetel kelep.
5. alat pengukur kelep

nah kalo alat - alat diatas sudah terkumpul mari kita lanjut ke langkah-langkah pembongkaran.

1. agan harus buka dulu cover penutup mesin motor honda biasanya agan harus melepas seluruh jok motor beserta bagasinya, lalu cover bisa dilepas.



2. setelah dilepas mesin motor matic sudah terlhat, untuk contoh kali ini saya menggunakan motor Honda Beat. langkah yang selanjutnya adalah membuka cover kelep dengan cara menggunakan kunci L 10 mm, untuk honda Beat yang dulu saya menggunakan kunci L 10 mm tapi honda beat yang baru biasanya menggunakan kunci ring 10 mm untuk membuka cover kelep.


3. jika cover kelep sudah terbuka , langkah yang pertama kita harus memosikan mesin berada di posisi atas, untuk melihat apakah mesin atau piston berada di posisi atas adalah kita lihat ada 2 baud yang nantinya harus berada pada posisi atas dan bawah. supaya agan lebih paham silahkan lihat gambar. GUNAKAN KICK STATER UNTUK MENGETOPKAN MESIN , sedikit-sedikit


4. mesin sudah berada pada posisi top sekarang kita menyetel kelep, untuk mengendorkan kelep agan harus gunakan obeng - dan kunci ring 8 mm. caranya yang ditengah baud kelep ada dudukan yang berbentuk - , bentuk - tersebut nantinya kita tahan dengan obeng - dan sampingnya ada baud mur 8 mm nantinya kita renggangkan dengan kunci ring 8 mm.

5. setelah itu ada 2 setelan kelep yang diatas dan dibawah uttuk ukuran yang diatas jika ingin menambahkan tenaga agar motor kencang , ukuran kelep yang di atas adalah 18 alat ukur kelep, dan yang dibawah ukuranya adalah 16 alat ukur kelep.


6.  nah untuk alat ukur kelep agan atau Feeler jika tidak ada ukuran 0.18 dan 0.16 kita mengunakan tehnik rengang dan kencang. biasanya yang pasaran feeler atau alat ukur kelep hanya memiliki ukuran 0.15 dan ukuran 0.20. supaya . nah ukuran kelep yang atas kita gunakan 0.20 kenceng jadi mur 8 mm harus kenceng pada ukuran 0.20 dan setelah kitu kita masukan ukuran kelep 0.15 harus renggang jika sudah rengang brarti sudah benar. dan untuk kelep yang di bawah gunakan ukuran 0.15 renggan jadi kita gunakan feeler alat ukur kelep 0.15 untuk mur 0.15 nya jangan terlalu seret , selisih sedikit gak papa gan yang penting untuk mengencangkan mur kelepnya jangan terlalu kencang karna bisa patah harus hati-hati

7. setelah itu agan tutup kembali cover kelep motor hondanya , lihat dulu apakah ada debu atau kotoran di bagian dalam cover kelep, jika ada kotoran agan bersihkan dulu. tutup dan kencangkan dengan kunci L 10 mm.

8. selesai

nah itulah cara membuat motor matic honda kita menjadi bertenaga dengan cara menyetel kelep, kelep pun bisa berubah-ubah ukuranya jika kita lama tidak mengservice motor, untuk ukuran 0.18 atas dan 0.15 bawah memang tenaga motor akan semakin kencang tapi di sini mempunyai kelemahan yaotu motor akan semakin bergetar tapi tiu sebenarnya tidak masalah karna kelebihan bisanya punya kelemahan.  terimakasih telah mengunjungi modifabis.com tempatnya pecinta modifikasi motor dan jangan lupa baca terus artikel-artikel di modifabis,com semoga bermanfaat , selamat beraktifitas dan sampai jumpa.


Emoticon Emoticon

close