Cara Mengatasi Bunyi Klotok-Klotok pada Mesin Matic Honda

oke selamat datang di modifabis.com tempatnya para pecinta modifikasi motor dan mobil untuk kesempatan kali ini modifabis.com akan memberikan tips dan trik bagaimana mengatasi bunyi klotok-klotok pada mesin motor matic honda bagi kalian yang belum paham untuk mengatasi bunyi klotok-klotok di mesin matic honda tenang saja modifabis.com akan membagikan tips dan triknya secara komplit dan jelas.

sebelumnya modifabis.com kasih tau dulu nih gan kenapa sih ko motor kita bunyi klotok-klotok apakah ada masalah yang serius sampai berbunyi seperti ini, disamping itu bunyi klotok-klotok tersebut membuat kita semakain tidak pede karna orang lain berpikir motor kita rusak dan rongsokan tapi tenang saja bunyi tersebut tidak terlalu berisiko bagi mesin tersebut ko gan karna buni tersebut berasal dari kipas puli yang sudah aus maupun bantalanya yang sudah pada peang. 



pada kendaraan motor matic di gerakan oleh transmisi otomatis yang dihasilkan oleh Puli ke putaran roda yang biasa kita sebut CVT, nah didalam puli ini terdapat 2 puli yaitu pui bergerak crackshaft yang dari mesin dan puli ke putaran roda, di puli crankshaft ini yang dari mesin terdapat kipas puli dan bantalan, biasanya bunyi klotok-klotok tersebut berasal dari kipas puli yang sudah aus baik itu dari blok as kipas pulinya, bantalan pemberatnya, dan bisa pula pengunci bantalanya yang sudah aus, hal ini sebenarnya tidak masalah karna puli yang terus menerus berputar otomatis kipas puli bhaik as maupun komponen yang lainya juga bisa aus. komponen tersebut juga banyak di jual di toko onderdil terdekat agan nah untuk penggantian komponen puli sebaiknya agan ganti yag ori atau asli karna komponen tersebut berhubungan langsung dengan mesin. sayang sekali jika agan ganti kompponen puli dengan yang palsu bisa-bisa motor agan akan semakin ngempos dan berat. 

nah sperti apa sih langkah-langkah yang agan harus lakukan untuk mengatasi mesin motor matic honda yang berbunyi klotok-klotok mari kita simak tutorial berikut ini. 

1. langkah yang pertama adalah agan buka dulu cover CVT nya dengan kunci T 10 , setelah Cover CVT terbuka baud-baud cover tersebut sebaiknya agan sisihkan dan hafalkan karna baud-baud cover CVT biasanya memiliki ukuran panjang yang berbeda-beda di setiap dudukanya. 


2. setelah CVT terbuka agan kenali dulu komponenya , nah komponen yang mau kita buka adalah komponen Puli Crankshaft yang dari mesin. 


3. untuk membukanya agan gunakan kunci pembuka puli, kalo tidak ada agan bisa buat sendiri seperti saya bentuknya seperti pada gambar , agan tahan kunci penahan  puli dan agan buka baud puli dengan kunci ring 22 mm atau 24 mm. ukuran biasanya menyesuaikan ukuran motor. 


4. setelah kipas puli terbuka di dalam komponen kipas puli terdapat bantalan pemberat , nah bantalan pemberat ini agan cek satu-satu apakah sudah lonjong atau peang karna bentuk bantalan tersebut harusnya bundar jika memang sudah lonjong atau peang agan bisa ganti dengan membeli bantalan tersebut di toko onderdil terdekat. 



5. cek juga pengunci kipas pulinya, apakah sudah renggang atau belum kalo sudah rengang agan bisa menambalnya dengan plat bekas susu kaleng yang dari baja. palat tersebut fungsinya untuk menghilangkan renggangan pada pengunci puli  kalo pengunci tersebut renggang otomatis saat berputas puli akan bergetar dan menghasilkan bunyi klotok-klotok. 


6. cek juga bost Crankshaft apakah sudah aus atau belum, bisanya bost crankshaft ini jarang sekali ausnya. 


7. jika semua sudah agan cek dan sudah fik agan pasang kembali kipas pulinya, dan nyalakan mesin apakah masih berbunyi klotok-klotok jika sudah berhasil biasanya mesin berbunyi halus seperti motor baru.

tutup kembali cover CVTnya selesai

nah tulah tips dan trik bagaimana mengatasi bunyi klotok-klotok pada mesin matic honda bagi agan-agan yang masih belum paham silahkan bertanya dengan mengetik komentar di kolom komentar di bawah. terimakasih telah mengunjungi modifabis.com semoga artikel - artikel kami bermanfaat agi agan-agan dirumah jangan lupa baca tersu modifabis.com terimakasih selamat beraktifitas dan sampai jumpa. 


Emoticon Emoticon

close