Cara Membetulkan Kampas Cakram Aus Sebelah dan Mengganti Kampas Cakram yang Baru

oke selamat datang di modifabis.com tempatnya para pecinta modifikasi motor dan mobil untuk pertemuan kali ini modifabis.com akan membagikan Cara Membetulkan Kampas Cakram Aus Sebelah dan Mengganti Kampas Cakram yang Baru mungkin judulnya memang terlalu panjang yah gan karna saya membetulkan kampas cakram yang aus sebelah dan sekaligus mengganti kampas cakram tadi, kalo sudah aus sebelah sebaiknya agan ganti juga kampas cakram yang baru untuk hasil yag ebih maksimal, bagi kalian yang belum tau Cara Membetulkan Kampas Cakram Aus Sebelah dan Mengganti Kampas Cakram yang Baru tenang saja modifabis.com akan membagikanya secara komplit dan jelas.

sebelumnya modifabis.com mau ngasih tau dulu nih gan tentang pentingya komponen rem pada kendaraan bermotor , fungsi rem sendiri berguna untuk mengurangi laju kecepatan dimana tujuanya untuk keselamatan dan safety, jika motor tanpa memeiliki rem pasti laju kecepatanya tidak akan bisa dikurangi dan bisa menyebabkan kecelakan nah jadi komponen rem pda kendaraan bermotor memang di stel dan diperhitungan dari jaman nenek moyang kita.

kebanyakan orang tidak tahu dan cuek dengan rem yang blong bahkan banyak sekali sekarang kejadian kecelakan yang menewaskan pengendara motor hanya karna rem blong kampas cakram habis sebenarnya sepele dan terjangkau tapi karna ke malasan seseorang yang bisa mempengaruhi nyawa tersbut, orang jawa banyak sekali bilang bahwa rem motor adalah nyawa. nah untuk kasus kali ini saya bukan hanya menggantui kampas rem saja melainkan membetulkan rem yang tempang atau aus sebelah hal ini di karnakan karna ada yang tidak berfungsi di bagian komponen rem cakram tersebut harusnya rem aus merata nah seperti apa sih Cara Membetulkan Kampas Cakram Aus Sebelah dan Mengganti Kampas Cakram yang Baru marikita simak tutorial berikut ini sampai habis.

alat yang agan butuhkan
1. kunci L 6 mm Bintang
2. kunci T 10 mm

nah kalo alat-alat sudah terkumpul mari kita lanjut ke langkah pembongkaran dan penangananya

1. yang pertama agan buka dulu rumah kampas rem cakram motor, untuk contoh motornya saya menggunakan motor matic honda vario sebenarnya sih untuk komponen rem tidak jauh berbeda yah dengan rem motor yang lainya jadi tidak masalah menggunakan komponen rem cakram Honda vario. buka 2 baud bintang dengan kunci L bintang 6 mm , dan baud 10 mm dengan kunci T 10 mm


2. setelah baud terlepas, tarik rumah kampas rem ke samping

3. nah disini kita lihat kampas rem ternyata aus sebelah , ini disebabkan karna apa sih, ? oke saya tanya sendiri dan jawab sendiri wkwkw... aus sebelah ini disebabkan karna keringnya breaket yang kehabisan pelumas. untuk breaket sendiri supaya agan paham silahkan lihat gambar.


4. bila agan sudah tahu komponen breaket ini , mari kita lanjut ke tutorial. nah breaket ini biasanya disepelekan oleh banyak orang kebanyakan orang mengganti kampas cakram hanya mengganti kampasnya saja tanpa melihat breaket tersebut jadi walaupun kampas cakram motor agan baru jika breaket ini macet kampas cakram motor bakal aus sebelah lagi yang biasanya ber bunyi sring-sring saat roda depan motor berputar.

5. agan lepas breaket dari rumahanya dan lumasi dengan stempet atau bisa juga dengan oli, lumasi sampai menyeluruh kedalam tapi jangan terlalu banyak cukup breaket lancar dan enteng saja.


6. pasang kampas rem cakram yang baru, dan baud 10 mm pengunci cakram.


7. pasang kembali rumahan kampas cakram , dan kencangkan baud bintang 6 mm dengan kunci L bintang 6 mm, kencangkan juga baud pengunci kampas cakram 10 mm dengan kunci T


8. selesai sekarang tinggal agan mencobanya bawa jalan-jalan sambil mengetes rem cakram depan yang barusan agan ganti tadi

nah itulah Cara Membetulkan Kampas Cakram Aus Sebelah dan Mengganti Kampas Cakram yang Baru gimana cukup menarik dan paham kan jika agan masih ada pertanyaan silahkan bertanya dengan cara mengetik komentar di kolom komentar dibawah ya. terimakasih telah meengunjungi modifabis.com semoga artikel kami bermanfaat bagi agan-agan dirumah jangan lupa kunjungi terus modifabis.com selamat beraktifitas dan sampai jumpa.


Emoticon Emoticon

close