Cara 5 Langkah Mengatasi Kerusakan Mesin Diesel

oke selamat datang di modifabis.com tempatnya para pecinta modifikasi mobil dan motor, kali ini modifabis.com akan memberikan tips dan trick bagaimana mengetahui masalah-masalah kerusakan pada mobil bermesin diesel. bagi kalian yang belumt ahu caranya tenang aja modifabis.com akan memberikan tips dan trick secara jelas dan komplit. 

sebelumnya modifabis.com mau ngasih tau dulu nih tentang mobil diese, mesin yang digunakan mobil diesel adalah ber bahan bakar solar atau yang sekarang lagi booming Dexlite. umumnya mesin diesel ini memiliki getaran yang sangat tinggi berbeda dengan mobil bensin yang halus. tapi keunggulan dari mobil diesel adalah Gas yang sangat halus dan saat jalanan memanjatpun mobil diese mampu menghasilkan [utaran mesin yang halus dn biasanya kuat untuk jalanan menanjak seperti di pegunungan. 

tak heran mobil-mobil besar seperti Truk dan Bus antar Provinsi bermesin diselel dikarnakan memiliki tenaga yang power dan tahan panas. mesin diesel hanya menggunakan Busi pemanas saat menyalakan mesin yang menghasilkan Aton pada ruang pembakaran dan terjadi tenaga. berbeda dengan sistem pengapian pada mobil bensin yang terlalu rimpet. 

namun mobil diesel juga memiliki beberapa kelemahan, dikarnakan mesin diesel bergetar sangat keras yang dapat merontokan Baud-baud yang berada di mobil seperti baud lampu baud bodi bahkan sampai baud roda dan mesin itu sangat fatal sekali kao kita mengeceknya secara rutin. mesin diesel buth perawatan rutin kalo kita tidak bisa merawatnya agan juga bisa cek mobil tersebut ke bengkel minimal 3 bulan sekali. 

bukan hana itu kelistrikan pada mobil diesel juga sering bermasalah dikarnakan getaran mesin yang sangat besar yang dapat melepaskan Klem kabel kelistrikan, namun ada beberapa faktor kerusakan pada mesin diesel yang membuat mobil mogok seperti apa  sih mari kita simak tutorial berikut. 



1. Mesin Sulit di Hidupkan
yang pertama adalah mesin sulit dihidupkan atau saat anda stater mobil mesin tidak mau menyala, langkah-langkah yang harus anda lakukan adalah :
- periksa Injeksi pembakaran atau pompa solar, apakah pompa solar masih berfungsi anda bisa menekan-nekan pompa solar berkali-kali untuk mengecek apakah solar dapat menyembur. 
- periksa kelistrikan di bagian kelistrikan ini ada beberapa yang harus di cek seperti aki mobil apakah masin berfungsi atau sudah soak lakukan pengetesan dengan sambungkan lampu Head secara langsung dengan aki mobil kalo lampu tidak menyala brarti aki mobil anda soak atau perlu di ces bawa ke tukan cek aki mobil
-dinamo pengisian rusak, agan juga mengecek dinamo pengisian dengan cara menempelkan kunci pada dinamo pengisian atau alternator apakah  kunci atau besi menempel pada dinamo pengisian, cek juga kabel yang menuju aki dari dinamo pengisian. biasanya kalo dinamo pengisian rusak maka listrik untuk mengisi aki mobil tidak lancar akhirnya aki mobil kehabisan listrik. 
-klem aki kurang kencang ini juga masuk dalam kategori mobil tidak bisa di stater agan cek juga apakah klem pada aki mobil sudah kencang kalo kendur silahkan agan kencangkan kembali
-filter solar kotor , nah yang ini biasanya sering seklai diabaikan agan-agan dirumah biasanya saat mobil kita dihidupkan susah dan sering meledak-ledak ini terjadi karna filter solar kotor, filter solar harus diganti secara rutin 3 bulan sekali untuk mobil pribadi, namun untuk mobil angkutan umum seperti Bus dan truk harus diganti 1 bulan sekali karna sering dipakai

-filter oli kotor, ini juga pengaruh umumnya filter oli juga sering agan ganti sekitar 2-3 kali tap oli kalo sampai filter solar kotor biasanya mesin jadi sering panas karna asupan oli kotor dan sulit masuk.
-cek juga busi pemanas apakah masih berfungsi


2. mesin pincang sering meledak-ldak di kenalpot
untuk kejadian ini biasanya yang agan lakukan adalah dengan melakukan Tune Up pada mesin diesel setel klep sesuai ukuran standar, atau juga busi pemanas pincang satu dalam artian busi pemanas mesin diesel ada salah satu yang tidak aktif, cek solar juga bisanya solar kotor

3. Asap Hitam Tebal
jika anda melihat asap hitam pada mobil diesel langkah pertama yang agan lakukan adalah cek filter solar dan filter oli apakah dalam waktu dekat ini agan sudah menggantinya ? jika tidak ada masalah pada filer solar dan filter oli agan cek dalam knalpot apakah knalpot kotor. jika langkah-langkah itu semua sudah dilakukan dan memang tidak ada masalah berarti Ring Piston pada mesin diesel mobil anda sudah aus dalam artian mobil anda harus di bawa kebengkel dan biasanya langkahnya adlah turun mesin wah kalo kaya gini cukup repot juga yah gan dan juga memakan banyak biaya, untuk menghindari ring Piston cepat Aus adalah agan harus rutin mengganti oli mesin agan secara berkala

4. usia mobil
usia memang menjadi kendala dalam mesin diesel ini yah gan, sebenarnya sih kalo usia mobil bukanhanya mobil diesel melainkan mobil bensi juga kalo usia sering rusak. kalo mobil anda berusia diatas 10 tahun langkah yang harus agan lakukan adalah perawatan rutin ke bengkel bukan hanya bengkel mesin agan juga harus rajin ke bengkel kelistrikan dan bengkel bodi mobil karna setiap mobil memiliki bengkel yang berbeda-beda lain dengan sepeda motor yang hanya ke satu bengkel.  agan juga cek apakah bodi dan chasis mobil sudah kropos atau tidak jangan sampai Chasis pada mobil anda kropos itu bisa menyebakan kecelakaan jika memang kropos agan bisa membawanya ke tukang las untuk menambalnya

5. pemakaian mobil
pemakaian mobil juga menjadi kendala dan masalah untuk kerusakan pda mesin mobil, dalam pemakaian mobil yang baik adalah agan jangan sering menurunkan dari gigi 5 langsung ke gigi 1 karna mesin mobil bisa kaget dan merusak gigi-gigi pada transmisi. membawa mobil diesel yang baik adalah pembawaa mobil agan secara halus dn jangan sering ngebut-ngebutan, biasanya mobil diesel sih sering digunakan untuk ajang balap Offroad dan mobil adventur yah gan, jika memng agan sering membawa mobil bermesin diesel untuk offroad dan adventur untuk langkah ini agan harus sering cek dan service mobil anda ke bengkel setelah acara adventur dan offroad tersebut. 

nah itulah 5 cara mengatasi kerusakan pada mesin diesel agan dirumah udah paham kan, jika agan masih ada pertanyaan silahkan bertanya dengan cara mengetik pertanyaan dikolom  komentar semoga artikel i ni bermanfaat dan selamat beraktifitas sampai jumpa.

baca terus artikel di modifabis.com yah gan semoga artikel-artikel di modifabis.com bisa bermanfaat bagi agan-agan dirumah ok see you by by.


Emoticon Emoticon

close