5 Cara Membersihkan Mesin Mobil Agar Terjaga dai Kerusakan

oke selamat datang di modifabis.com tempatnya para pecinta modifikasi mobil dan motor kali ini modifabis.com akan memberikan tips dan trick bagaimana membersihkan mesin mobil anda yang kotor membandel. bagi kalian yang belum tau caranya simak terus ya modifabis.com akan membagikan caranya secara komplit.

sebelumnya modifabis.com mau ngasih tau dulu nih pentingnya mesin mobil kita bersih dan tidak berlemak, untuk menghindari kerusakan pada mesin mobil kita harus mengecek mesin setiap hari nah tapi kalo kita mau ngecek mesin mobil yang dalamn keadaan kotor bagaimana kan jadi susah. mesin mobil sendiri ada beberapa komponen yang dapat bocor seperti halnya Radiator, oli mesin, minyak rem, minyak power steering, dan oli kompresor ac.



jika mesin kita kotor kita akan sulit melihat apakah komponen-komponen tersebut bocor atau tidak, nah langkah yang harus kita lakukan pertama adalah membersihkan mesin mobil atau mencuci mesin mobil, namun kalo saat kita mencuci mobhil terdapat kotoran lemak bekas tumpahan oli pasti kita akan kesulitan kan gan , nah modifabis.com ada 5 cara untuk membersihkan mesin mobil nih seperti apakah caranya mari kita simak tutorial berikut ini.

1. cuci dengan minyak tanah atau bensin/pertalit
nah pada cara yang pertama ini adalah cara yang sampai sekarang saya gunakan gan , dengan mengandalkan minyak tanah atau bensin pasti lemak kotoran yang menempel pada mesin mobil akan hilang, alat dan bahan yang dibutuhkan :
1. kuas cat
2. lap kaos
3. bensin atau minyak tanah
cara membersihkanya agan cukup tuangkan bensin ke ember dan celupkan kuas kedalam bensin lalu kuas-kuaskan ke mesin yang kotor setelah itu agan lap dengan lap kaos kering. lakukan langkah-langkah tersebut sampai menyeluruh mesin mobil sampai mesin benar-benar bersih. 

2. cuci dengan Belt dresser
cairan ini bisa agan beli di toko onderdil terdekat , cairan ini memang dikususkan untuk mencuci komponen radiator dan kompresor dari kotoran . namun cairan ini cukup baik untuk mencuci mesin mobil, jika anda menggunakan cairan ini untuk mesin mobil yang pasti mesin mobil agan akan tampak seperti baru cara mencucinya cukup mudah sama sperti agan mencuci dengan bensin diatas. 
1. kuas cat
2. lap kaos
3. ember 
4. Belt dresser
untuk mencucinya agan tuangkan Belt dresser ke dalam ember lalu celupkan kuas ke dalam Belt dresser, oleskan kuas kepada mesin yang kotor lalu lap dengan kain kaos gosok-gosok sampai bersih. lakukan langkah-langkah tersbut sampai menyeluruh mesin mobil sampai merata. 

3. cuci dengan sabun colek
sabun colek juga dapat menghilangkan kotoran lemak membandel, namun menggunakan sabun colek ini agan harus hati-hati karna mencuci dengan sabun colek agan akan menyemprotkan air ke mesin mobil usahakan jangan sampai ke lampu dan kabel yang terbuka, penyemprotan air ke filter mesin juga sangat berbahaya. jadi harus hati-hati. 
alat yang dibutuhkan untuk mencuci mesin mobil dengan sabun colek adalah
1. sabun colek 
2. air
3. ember
4. sikat wc
5. busa atau spon
kalo alat-lat sudah terkumpul seperti diatas agan bisa mencampurkan sabun colek dengan air dulu, nah langkah pertama adalah agan basahi dulu mesin mobil menyeluruh dengan air. lalu agan cuci mesin mobil dengan mengoleskan spon yang sudah di celupkan air sabun tadi, lalu gosok-gosok mesin mobil dengan sikat WC atau bisa juga dengan sikat cuci baju. siram lagi setelah menyikat mesin siram dengan air bersih.  setelah itu lap mesin dengan kain kaos bekas. ingat ya gan saat menyiram air ke  mesin agan harus hati-hati takutnya terkna aki atau komponen kelisrikan yang dapat menyebabkan konselt. 

4. cuci dengan cairan silikon
nah untuk cairan ini cukup susah di cari ya gan, tapi dengan cairan ini agan juga dapat membersihkan mesin mobil secara bersih dan mengkilap umumnya cairan ini digunakan untuk mencaga kelenturan bamper mobil dan karet-karet mobil. cairan ini memang seperti bensin  untuk langkah mencucinya agan bisa melihat langkah mencuci seperti bensin diatas.

5. cuci dengan Grease
nah untuk pembersih ini mirip speperti pasta atau pelumas , cara membersihkan mesin dengan Grease cukupmudah sekali agan tinggan mengoleskan Grease ke mesin mobil yang kotor lalu lap dengan kain kaos . cukup simpel kan 

nah itulah 5 tips mencuci mesin mobil agar mesin mobil kita bersih dan terawat, kenapa saya menggunakan kain kaos karna pada umumnya kain kaos sangat elastis dan dan menyerap lemak jadi saya lebih menggunakan kain kaos untuk mencuci mesin mobil, sampai disini udah paham semua kan, kalo ada yang belum paham agan bisa bertanya dengan cara mengetik komentar di kolom komentar.  

terimakasih telah mengunjungi modifabis.com semoga artikel kami sangat bermanfaat agi agan-agan dirumah selamat beraktifitas dan sampai jumpa. 



Emoticon Emoticon

close