Cara Mengganti Kampas Rem Cakram Mobil Terlengkap

oke gan selamat datang di modifabis.com tempatnya para pecinta modifikasi mobil dan motor , kali ini modifabis.com akan memberkan tips bagaimana cara membongkar Rem depan mobil serta mengganti kampas Rem caikram mobil beserta Piringan cakramnya.

Rem memang sangat berguna untuk kendaraan kita apalagi jika jika sedang berpergian jauh kalo kita tidak mengontrol Rem pada kendaraan kita, bisa bahaya gan karna Rem itu hubunganya dengan nyawa kita. sebaiknya agan kalo mau bepergian jauh harus kontrol dulu semua kaki-kaki mobil termasuk Rem isi juga minyak Remnya jangan sampai kehabisan.

ingat keselamatan adalah hara yang berhaga , jangan terlalu kencang saat berkendara jika agan ngantuk sebaiknya istirahat. pada kesempatan pekan lalu modifabis.com juga telah membahas cara membongkar Rem belakang mobil tromolhttp://www.modifabis.com/2017/12/cara-mengganti-kampas-rem-tromol-semua.html. atau kalo agan penasaran bisa baca disini

nah kali ini mosidfabis.com akan membongkar Rem cakram mobil bagian depan oke kita simak tutorial berikut ini.

1. dongkrak mobil
dongkrak mobil agan dengan dongkrak bawaan mobil, yang saya pakai ini adalah dongkrak Truk gan jadi saya tempatkan dongkraknya di chasis bagian depan mobil lalu angkat mobil dengan dongkrak, jangan lupa letakan Tanggem di bawah chasis fungsinya ketika dongkrak ambles mobil akan tetap aman ternagkat dengan tanggem.



2. letakan ban di bawah mobil dan ganjel ban dengan batu.
langkah ini adalah untuk safety ke 2, fungsi dari ban diletakan dibawah adalah ketika dongkrak  ambles mobil akan tetap aaman karna ada ban di bawahnya, dan fungsi dari ganjel ban adlah ketika mobil mundur karna posisi dongkrak mobil akan aman karna mobil akan tetap pada posisi semula.



3. komponen rem cakram mobil
oke ini adalah komponen-komponen rem cakram mobil bagian depan, supaya agan mudah membongkar Kampas cakram agan sebaiknya tahu dulu komponen-komponen yang akan di bongkar



4. lepaskan baud Rumah Kampas Rem
lepaskan Baud pada rumah kampas Rem , kali ini kita lepaskan Baud Kampas Rem bagian bawah saja



5. gunakan kunci Ring Ukuran 14 mm
supaya baud bawah bisa lepas agan harus gunakan kunci Ring ukuran 14 mm atau kunci Shock, pada mobil percobaan kali ini menggunakan Baud ukuran 14 baud tersebut kadang berbeda tiap mobil dan agan harus menyesuaikan ukuan kuncinya sesuai ukuran baud Rumah kampas



6. angkat rumah Kampas cakram
setelah baud terlepas agan angkar rumah kampas cakram dari bawah keatas, jika rumah susah diangkat agan bisa menggunakan obeng (-) untuk mencongkelnya



7. lepas Kampas cakram
agan bisa melepas kampas cakram dengan cara mencongkelnya dengan obeng (-)



8. lepas plat pengunci cakram
lepas plat pengunci cakram dengan cara mencongkelnya dengan obeng (-) ada dua plat pengunci kampas cakram di atas dan dibawah congkel semua dan ganti dengan plat pengunci kampas cakram yang baru, biasanya sudah ada ketika agan membeli kampas cakram yang baru



9. ganti kampas cakram yang baru
kita lihat dulu bagian cakram yang baru pada gambar ,  ada 2 plat pengunci kampas cakram yang baru dan ada 2  buah kampas cakram yang baru



10 pasang kedua pengunci kampas cakram
agan pasang dulu pengunci kampas cakramnya , fungsi dari pengunci kampas cakram ini adalah agar kampas cakram kita tidak berpindah posisi, untuk mengunci kampas cakram pada tempatnya.  pasang kedua pengunci kampas cakram di bawah dan diatas.



11. pasang kampas cakram
ada dua buah kampas cakram silahkan agan pasang kampas cakram , supaya agan paham silahkan lihat gambar.



12. dorong piston
biasanya ketika kita mengganti kampas cakram yang baru maka saat kita memasang rumah piston ke cakram yang abru akan tidak pas, supaya pas agan dorong dulu piston dengan cara tekan ke dalam agan bisa menggunakan kunci T atau bisa juga dengan alat seperti saya ini. tekan dengan hati-hati biasanya agak keras.



13. tutup rumah cakram dan pasang baud 14 mm
tutup rumah cakram sama saat kita membuka rumah cakram tersebut, tapi ini kebalikanya. dan pasang baud 14 mm dengan kunci shock atau kunci ring ingat saat mengencangkan baud ini harus kencang karna kalo kendor bisa berbahaya.

14. selesai silahkan pasang kembali roda mobil agan. dan turunkan dongkrak.

oke termiakasih karna telah membaca artikel kami modifabis.com dan jangan lupa baca artikel-artikel kami yang lain hanya di modifabis.com. semoga rtikel-artikel kami dapat membantu kehidupan sehari-hari agan.

jika agan ada pertanyaan siahkan ketik pertanyaan di kolom komentar modifabis.com akan senantiasa membalas komentar agan oke terimakasih dan sampai jumpa salam modifikasi.



Emoticon Emoticon

close