Cara Mengatasi Rem Blong saat jalan turunan

Oke selamat datang di modifabis.com tempatnya para pecinta modifikasi . Kali ini modifabis.com akan memberikan tips bagaimana cara mengatasi rem motor atau mobil anda blong saat jalanan menurun.
Kasus Rem blong ini sangat sering terjadinya kecelakaan, apalagi saat kita perjalanan jauh yang pastinya kendaraan kita laju dengan kencang. Apalagi jika kita pergi bersama anak dan keluarga kita tercinta pastinya akan menyedihkan bukan jika kita pergi jalan-jalan setelah itu rem blong akhirnya kecelakan, semoga pembaca setia modifabis.com tidak terjadi seprti ini ya gan.

Namun bagaimana caranya Rem kendaraan tiba2 blong saat lagi di jalan, sebenarnya Rem kendaraan anda blong tiba-tiba di jalan, itu karna proses alami.

Saat mengendara jauh atau anda sedang berkendara dengan jalan yang sering menurun, biasanya anda selalu menginjak rem mobil atau motor anda selama panjangnya perjalanan, saat kampas kopling panas karna seringnya gesekan dengan besi maka rem tersebut seketika tidak berfungsi anda harus pahami duli kejadian seperti ini.

Pertanyaanya, lantas bagaimana cara mengatasi Rem kendaraan blong saat di jalan ketika Kampas Rem kita panas... ? 

Jawabanya : yang pertama bila kondisi jalan masih menurun panjang anda jangan segera panik dan tergesah gesah, cukup tenang saja, jika kendaraan motor atau mobil anda bukan otomatis/matic anda segera oper gigi kendaraan motor dan mobil anda menjadi gigi rendah, karna proses gigi rendah ini akan mengurangi laju kecepatan kendaraan anda. Coba agan tenang dulu waktu rem blong di jalan, kurangi gigi mobil atau motor anda ke gigi yang rendah.
Yang ke 2 jika kendaraan mobil atau motor anda otomatis/matic karna kondisi jalan masih menurun panjang terus rem blong karna kampas rem terlalu panas. Sebaiknya agan kurangi kecepatan dulu dan agan rasakan apakaj rem masih bisa mengurangi kecepatan kendaraan anda, jika rem masih berfungsi sebaiknya istirahatkan motor atau mobil anda sampai kampas rem dingin, anda juga bisa memberinya air supaya proses kampas rem panas cepat dingin.

Ingat kendaraan otomatis/matic sangat berbahaya sekali jika kampas rem anda sampai panas dan tiba-tiba rem blong, karna bisa terjadi kecelakan. Sebelum rem blong total kita sebaiknya mengistirahatkan kendaraan kita sejenak.

 Karna safety dalam berkendara itu sangat penting, buat apa cepat-cepat kalo kita tidak selamat, anak dan keluarga kita dirumah sedang menunggu anda ingin bermain.

Dan sebaiknya jika anda ingin berkendaraan jauh, cek dulu kelengkapan kendaraan motor atau mobil anda

- cek oli apakah masih diatas low
- cek rem anda, minyak rem di cek masih ada atau mau habis jika minyak rem hampir habis isi dulu minyak remnya.
- cek minyak power steering, masih ada atau hampir habis.
Cek juga kelengkapan ban, sudah aman atau belum.
- cek lampu kendaraan anda masih nyala semua belum
- dan cek kelengkapan safety anda, seperti jaket , mantel, dan helem SNI.

Ingat dalam berkendara kita harus mengutamakan safety, jika jalanan rame kita tidak usah buru-buru kecepatan maksimal saat jalanan rame adalah 30-40 km/jam dan kecepatan jalanan agak sepi maksimal sampai 60 km/jam itu adalah standar kecepatan yang di tentukan oleh SATLANTAS.

Jangan panik saat rem kendaraan blong tiba-tiba saat jalanan menurun panjang, karna itu adalah proses biologi terjadi gesekan kampas rem yang terlalu seribg dan akhirnya panas


Emoticon Emoticon

close