Cara Membuat Lampu Depan Motor Lebih Terang Terlengkap

OKE selamat datang di modifabis.com tempatnya para pecinta modifikasi mobil dan modifikasi motor kali ini modifabis.com akan memberikan tips bagaimana lampu motor anda menjadi terang di jalan.

pengalaman saya pribadi nih gan waktu pas naik motor supra X di jalan ceritanya saya mau ngapel ke pacar saya nih, tapi tiba-tiba lampu di jalan redup kebetulan si pas malam hari , ane lagi apesnya kena lubang di jalan karna gak terlihat lampu motor saya redup sih gan akhirnya ban motor saja bocor seketika.



sungguh malang nasib saya bocor di tengah jalan mana ga ada tambal ban lagi, mulai hari itu saya berpikir lampu itu sangat penting untuk penerangan jalan karna jika terjadi lampu redup seketika bisa-bisa kecelakaan yang menyebabkan nyawa melayang,, waduhh repot juga ya gan.

pa lampu kendaraan bermotor sebenarnya mempunyai tegangan yang standar yaitu 12 volt, tapi apakah itu bisa di tambahkan lagi ya ? tenang saja lampu tersebut bisa ditambahkan teganganya tapi dengan syarat jangan menambah ukuran voltase melebihi kemanan dan peraturan polisi ya gan, bisa-bisa agan kena tilang dan berabe deh.

sebenarnya lampu yang kita pake dalam sepeda motor kita berukuran standar 12V itu sudah memenuhi undang-undang lalu lintas jika kita memakai lampu HID yang membuat lampu motor kita semakin terang dan membuat pengendara lain tidak bisa melihat jalan juga itu berbahaya. ya kita boleh saja menambah voltasenya tapi jangan kebangetan kasian pengendara yang lain ya gan .

oke kita simak dulu, kenapa lampu redup inilah kendala untuk membuat lampu terang
.
1. Umur Lampu
seperti pada pengalaman saya tadi, lampu motor saya tiba-tiba redup kita ingat lahi kapan kita terakhir menggantinya karna lampu yang sudah berusia bisa semakin melemah keterangya. bukan hanya itu walaupun lampunya lemah tapi voltasenya kadang sama dan malah bisa lebih besar dari lampu normal. maka dari itu ketika lampu udah mulai agak redup dan kita ingat umur lampu sudah lama sebaiknya kita menggantinya karna lampu yang seperti ini bisa menyebabkan konsleting.

2. kabel Kelistrikan
untuk menambah performa lampu kita sebaiknya kita menggunakan kabel yang berserabut besar dan voltase tinggi, karna jika tegangan lampu kita besar tetapi kabel yang kita gunakan kecil akan menghambart arus yang menuju ke lampu dan biasanya lampu cepat putus, dan juga pada sambungan kabel harus rapat dan kencang bila sambungan tidak benar-benar kencang dan tidak terselotip rapat bisa-bisa lampu motor kita cepat putus dan terjadi konsleting.

3. Tegangan Regulator.
dari sini kita harus mengetahui fungsi regulator yang fungsinya memembagikan arus listrik, jika regulator motor kita lemah arus yang tersalur ke lampu motor kita akan putus-putus itu yang menyebabkan mottor  kita redup.
arus tersebut sebenarnya dari putaran mesin kita ayng disebut RPM dan dari putaran mesin kita menuju ke alternator untuk mengisi kelistrikan yang ada di aqumulator dan kemudian listrik tersalurkan ke regulator, ingat gan regulator ya bukan terminator wkwkwk


sekarang kita lanjut ke cara membuat lampu motor menjadi terang

1. Pasang Relay
dalam sepeda motor biasanya relay bawaan pabrik sudah ada satu, nah kali ini kita tambahkan satu relay lagi yang tujuanya menambah arus listrik.
relay yang kita gunakan adalah relay 4 kaki sebelum agan menambahkan relay agan harus cari tahu dulu berapa voltase relay yang terhubung ke lampu motor tersebut, kita bahas dulu tentang relay apa sih relay itu, relay adalah alat yang bertujuan untuk menambah arus listrik. didalam relay listrik yang tadinya kecil akan di hantarkan menjadi besar jadi nantinya motor kita memiliki 2 relay ke lampu utama untuk menghubungkan relay kita bisa lihat Skema pada gambar dibawah.



kita bisa menghubungkan rangkaian relay tersebut langsung ke aqumulator atau aki, karna takutnya kalo kita hubungkan dengan relay yang utama tadi biasanya terhubung dengan kelistrikan yang lain takutnya kelistrikan yang lain menyebabkan tegangan tinggi yang menyebabkan kelistrikan yang lain rusak, atau kalo tidak agan rangkai relay lagi dari awal  langsung ke lampu motor dan baterai.

2. hubungkan lampu langsung ke aqumulator atau aki
sebagai contohnya lampu pada sepeda motor biasanya terhubung dengan alternator yang menyebabkan saat mesin kita berputar lemah lampu motor kita akan meredup, langkah yang saya bahas ini adalah menghubungkan arus dari lampu motor langsung dengan aqumulator , untuk membuat listrik menjadi stabil kita bisa menggunakan regulator dan biasanya aqumulator juga berfungsi sebagai stabilizer yang tujuanya menstabilkan listrik ke lampu,
kelemahan yang ada di tehnik ini adalah saat kita tidak menggas mesin kita otomatis putaran mesin rendah listrik yang terisi ke aqumulator juga lebih rendah, maka pengeluaran listrik akan semakin besar tapi pemasukan listrik akan lebih kecil aqumulator ini akan low charge yang mengakibakan cepatnya Soak pada aqumulator.

3. Ganti lampu LED
nah yang satu ini tehnik yang paling mudah gan, agan tinggal ganti aja lampu LED lampu ini lebih ekonomis debandingkan dengan lampu HID. kelebihan yang lain adalah lampu ini semakin irit listrik ketimbang lampu bohlam tapi tenang saja lampu LED ini lebih terang daripada lampu Bohlam biasa.

lampu LED ini adalah penemuan lampu motor masa kini dilain sisi lampu ini tidak bisa putus karna di dalam lampu ini menggunakan elemen rangkaian dioda pada filamen. jadi ketika arus listrik yang mengalir ke lampu lemah lampu LED tidak akan redup seperti lampu biasa. penggunaan listrik pun semakin stabil, tapi saya sasrankan jangan menggunakan lampu LED yang terlalu terang bisa-bisa agan di tilang sama bapak polisi wkwkwkwk. 


4. Ganti Regulator dan Kiprok

Kiprok ataupun regulator sebenrnya sama fungsinya namun kelebihan berbeda. kiprok harganya lebih murah tapi lebih bagus regulator walaupun regulator harganya mahal regulator lebih bagus dari kiprok , regulator lebih awet dan listrik yang terhubung juga lebih stabil. 


regulator berfungsi menyalurkan arus dari alternator ke aqumulator , rtehnik yang kita pakai ini adalah mengganti regulator standar bawaan pabrik dan menambah ukuran regulator. intinya menambah ukuran regulator menjadi besar, jadi lisrtrik yang terisi ke aqumulator lebih besar maka kelistrikan akan semakin terang, tapi ada kelemahanya aqumulator kita bisa cepat rusak kalo listrik yang terisi ke aqumulator tidak standar , akan menyebabkan overcharge. lebih parahnya lagi ketika aki kita panas bisa meledak. 



Emoticon Emoticon

close