Cara Membongkar Totok Depan dan Mengganti Aki Honda Vario 125 cc

oke selamat datang di modifabis.com tempatnya para pecinta modifikasi nah kali ini modifabis.com akan memberkan tips bagaimana cara membongkar dan mengganti Aki honda Vario 125 CC. sebelumnya ane mau jelasin dulu nih apa sih kegunaan aki motor ? aki motor adalah baterai pengendali listrik sebuah kendaraan m\bermototr dengan adanya aki ini kelistrikan yang di hasilkan motor seperti Lampu Kilometer dan untuk yang modern ini adalah cursor bahan bakar sudah menggunakan kelistrikan. untuk motor matic seperti Honda vario 125 ini memang sangat penting karna hampir semua motor matic memelurkan stater kelistrikan, maklum namanya juga motor cewe ya harus pake stater , jika aki motor soak atau udah berusia biasanya kita bisa gunakan pedal stater kan susah kalo cewe pake pedal stater nah bagaimana cara menggantinya mari kita simak tutorial berikut. 

sebelumnya agan siapkan dulu alat dan bahanya :
1.  aki motor baru
2. Obeng (+) 
3. obeng (-)
4. kanebo atau lap
5. obeng ketok kalo membuka aki terlalu susah
6. kunci ring atau kunci T 10 mm


untuk membongkar aki kita harus tau dulu apa saja yang harus dibuka, karna untuk kendaraan motor jaman sekarang membutuhkan tehnik untuk membongkarnya kalo saja salah tehnik maka bodi motor bisa patah atau pecah. oke untuk langkah-langkahnya perhatikan berikut ini. 

1. lepas 2 baud di sisi kanan kiri bawah kepala motor
untuk langkah yang pertama agan harus lepas 2 baud tepatnya di bawah kepala motor atau stang motor, gunakan obeng (+) untuk melepasnya. setelah melepas 2 baud tersebut simpan baudnya jangan sampai berceceran karna bisa memakan waktu lama jika komponen kendaraan ada yang hilang lihat gambar dibawah supaya lebih paham. 


2. congkel totok depan
setelah itu congkel totok depan dengan obeng (-) congkel totok yang berwarna hitam segitiga didepan dengan obeng (-) tapi harus dilandasi kanebo atau serbet kaos bekas supaya bodi tidak terbaret oleh obeng min. congkel angkat kedepan dengan hati-hati jangan takut patah karna saat melepas ini terdengar seperti bodi patah tapi sebenarnya enggak. 



3. dorong totok depan keatas
setelah tercongkel dan kunci dalam congkelan terlepas dorong totok keatas, WARNING jangan ditarik kedepan ya gan karna bisa mematahkan kunci bodi bagian totok. dorongkeatas lihat pada gambar. sampai totok terlepas



4. bongkar pengunci aki
nah sekarang totok sudah terbuka dan aki sudah terlihat, untuk mengambil akinya kita harus lepaskan baud menggunakan kunci T atau kuni ring 10 mm. lihat pada gambar supaya lebih paham ada 2 baud pengunci di atas dan bibawah.



5. lepas kabel (-) dan (+) pada aki
lepas dulu kable yang terhubung dengan aki ada 2 kabel hitam dan merah, kita lepas dengan obeng (+) 



6. angkat aki yang soak
angkat aki yang soak dengan tangan agan,, angkat keatas


7.ganti aki yang baru
nah sekarang aki yang lama sudah di angkat tinggal kita letakan aki yang baru, letakan aki yang baru jangan sampai kebalik ya gan letakan sesuai keadaan aki yang soak tadi yang (-) di sebelah kiri dan yang (+) disebelah kanan


8. pasang ke 2 kabel (-) dan (+)
pasan kedua kabel (-) hitam dan (+) merah dengan obeng (+) kencangkan baudnya


9. pasang pengunci aki
pasanag kembali pengunci aki dengan kunci ring atau kunci T 10 mm , ada 2 baud tadi ayng kita lepas dan sekarang psang 2 baud tersebut dan kencangkan. 


10. pasang totok depan
pasang totok depan segitiga yang berwarna hitam, untuk memasangnya kita harus psang totok dari atas kebawah. lihat pada gambar , 


11. tekan pengunci 
tekan pengunci dengan tangan , tekan kedalam sampai berbunyi KLICK. 


12. pasang 2 baud di sisi samping kanan dan kiri
lalu pasang kembali ke 2 baud yang ada di sisi samping kiri dan kanan dengan obeng (+) 


selesai


oke terimakasih telah membacar artikel kami modifabis.com dan jangan lupa baca terus artikel-artikel kami hanya di modifabis.com jika agan ada pertanyaan silahkan ketik komentar dikolom komentar. semoga artikel ini dapat membantu keseharian dan kegiatan anda dirumah salam modif abis terimakasih dan sampai jumpa ? caw


Emoticon Emoticon

close