Cara Ganti Disc Brake / Piringan Cakram Rem Depan Mobil Terlengkap

oke selamat datang di modifabis.com kali ini modifabis.com akan membagikan tips bagaimana cara mengganti piringan cakram rem depan mobil, mungkin dari sekian banyak orang tidak mengtahui cara mengganti piringan Rem cakram depan mobil. tapi modifabis.com akan mebgaikan caranya dengan terperinci.

rem adalah komponen mobil yang sangat penting. fungsi dari Rem sendiri adalah untuk mengurangi laju kecepatan mobil, jika Rem pada kendaraan kita bloong atau macet maka kendaraan kita tidak akan bisa mengurangi laju kecepatanya apalagi saat kita sedang melaju kencang bisa-bisa kita bis kecelakaan jika rem kita tidak berfungsi untuk menghindari kejadian seperti itu sebaiknya kita Cek Komponen rem secara berkala.

banyak orang yang menghiraukan Piringan Cakram Rem depan mobil (disc Brake) biasanya seseorang tidak pernah mengganti kampas rem Cakram yang sudah habis dan akhirnya akan melukai Piringan Rem cakram yang menyebabkan Piringan Rem Cakram akan habis dan tidak rata atau bergelombang, jika ini sampai terjadi maka fungsi dari rem mobil akan semakin berkurang dan bahkan rem bisa menjadi bloong.

untuk mengganti Piringan Rem Cakram depan mobil mari kita simak tutorial berikut ini hanya di modifabis.com



1. dongkrak Mobil
sebelum mendongkrak mobil sebaiknya agan kendorkan dulu baud roda depan mobil yang akan di bongkar ingat hanya di kendorkan saja jangan sampai lepas. dan kemudian dongkrak mobil agan jangan lupa setelah di dongkak letakan ganjel atau tanggem fungsinya bila terjadi dongkrak ambles tanggem atau ganjel akan menahan mobil agar tidak ambles.




2. lepas bandan  letakan ban di bawah mobil dan ganjel ban
cara yang kedua adalah cara safety taruh ban di bawah mobil dan ganjel kayu atau batu di antara ban , fungsi dari ban diletakan di bawah mobil adalah sama aja seperti tanggem bila terjadi kecelakaan dongkrak ambles maka mobil tidak akan ambles karna terganjel ban yang tadi kita lepas. dan fungsi dari ganjel diantara ban yang tidak dilepas adalah jika kita dongkrak mobil biasanya mobil akan mundurdan untuk menghindari mobil mundur kita bisa gunakan batu atau kayu untuk mengganjel ban agar mobil tidak bisa mundur.




3. komponen rem
untuk membongkar Rem cakram sebaiknya kita tahu dulu komponen komponen rem yang nanti kita bongkar untuk menghindari salah pasang.




4. lepas baud cakram
untuk melepas piringan yang kita perlukan adalah melepas kampas cakram dahulu dengan cara melepas baud yang ada pada gambar.




5. congkel rumah kampas rem/rumah piston
setelah agan melepas baud yang ada pada gambar tadi agan congkel rumah piston rem atau rumah kampas rem cakram dengan obeng (-) dan angkat rumah piston atau rumah kampas rem cakram dengan tangan.  supaya paham agan bisa lihat gambar




6. lepas kampas rem cakram
lepaskan kampas rem cakram dengan cara mencongkelnya dengan obeng (-) lepas kedua kampas rem cakram.




7. lepas Rumah Piston/ Rumah Kampas Rem
untuk melepas rumah piston/rumah kampas rem cakram kita harus melepas dulu baud rumah kampas rem/ rumah piston rem lihat pada gambar baud yang dilepas.




8. gantung rumah Piston rem/ rumah kampas rem
gantung rumah kampas rem atau rumah Piston rem dengan tambang atau rapia juga bisa. tujuanya agar kita saat melepas piringan cakram tidak terganggu




9. ketok piringan cakram dengan palu
untuk  melepas piringan cakram kita harus ketok dengan palu , karna sudah lama piringan cakram terpasang jadi piringan cakram akan sangat lengket. ketok agak keras sisi-sisinya jangan terlal kencang




10. ganti piringan cakram yang baru
sekarang kita ganti piringan cakram yang baru kita masukan saja piringanya, kita gunakan mur roda dulu untuk menetapkan piringan rem cakram, tujuanya supaya kita memasang rumah piston/ rumah kampas cakram, piringan cakram tidak goyang-goyang.




11. pasang kembali rumah piston rem/ rumah kampas rem
pasang kembali rumah piston rem/ rumah kampas rem dan kencangkan ke 2 baud yng ada pada gambar tersebut.




12. pasang kembali kampas rem cakram
pasang kampas rem cakram ,




13. tutup rumah kampas rem cakram dan baud kembali
supaya agan paham bisa lihat gambar.

selesai.


oke terimakasih telah membaca artikel kami modifabis.com jangan lupa baca artikel-artikel kami modifabis.com semoga artikel-artikel saya bisa membantu kehidupan agan sehari-hari untuk memodifikasi mobil agan.

jika agan ada pertanyaan silahkan ketik komentar di kolom komentar , terimaasih selamat memodifikasi mobil anda salam modifikasi dan sampai jumpa.



Emoticon Emoticon

close