Pengertian Poros beserta Jenis dan Macam nya Terlengkap



Oke gan selamat dating di modifabis.com kali ini kami akan membagikan ilmu pengetahuan tengtang mesin, bagi agan yang tidak sekolah tehnik otomotif atau tehnik mesin modifabis.com akan membagikan ilmunya hanya di modifabis.com.

Sebelumnya dalam tehnik mesin kalian tahu gak yang namanya Poros, poros itu kegunaan ya dalam mesin sangat berguna gan, karna inti dari suatu mesin motor dan mobil pun itu adalah poros kalo sebuah mesin tidak ada porosnya maka putaran mesin tiDAK terhubung, dan sepenting apakah itu poros ? apa sih pengertian poros  mau tau kan ayo kita simak.



Poros
Pengertian Poros  adalah bisa kita contohkan pada bumi mengelilingi matahari nah matahari sebagai porosnya dan bumi sebagai bendanya… jadi poros itu busa juga di artikan pusat dari pergerakan benda-benda.

Pada sebuah mesin terdapat inti seebuah tenaga yaitu poros yang biasa kita sebut dangat Poros Engkel atau Knocken ASS,, adalah setang poros utama yang menggerakan semua mesin dan saling terhubung contohnya dari Knocken ass mengerakan Piston dan beberapa roda gigi, dari roda gigi menggerakan rantai mesin dan seterusnya sampai ke roda , roda pun juga memiliki poros utama yang disebut gardan jadi dalam mesin kerja sebuah benda bergerak pada porosnya itu adalah saling terhubung.

Macam-macam Poros 
1. Gandar 
Poros gandar adalah poros yang tidak bergerak poros ini hanya menahan beban dari benda tersebut tanpa memberi gerakan pada benda tersebut. Contohnya kita bisa melihat pada Roda kereta barang yang rodanya berputar tapi porosnya tidak berputar

2. Poros Spindel 
Poros spindle adalah poros yang bergerak dari mesin penggeraknya sendiri, biasanya poros tersebut memiliki mata pisau spiral
Contohnya bisa kita jumpai pada mesin bubut, mesin Bor tukang.

3. Poros Trasmisi
Poros transmisi adalah poros yang beban puntirnya dari poros utama dan poros utama tersebut nantinya menggerakan berbagai poros yang lain dan benda-benda lain yang terhubung dengan mesin poros tersebut.
Contohnya bisa kita jumpai pada mesin transmisi mobil dimana poros tersebut memiliki beban puntir utama dari mesin tersebut, yang saling tehubung menggerakan seperti rantai, sabuk puli, kopling, dari roda gigi ke roda gigi yang lain dan masih banyak lagi. Poros transmisi ini memiliki tugas utama dari sebuah mesin, dan poros trasmisi juga memilik berbagai macam

Berikut macam-macam Poros yang memiliki tugas beban utama
a. Poros dengan beban puntir
Poros dengan beban puntir adalah  poros yang memiliki tenaga puntir untuk memutarkan benda-benda yang lain sesuai fungsinya.

b. Poros dengan beban lentur murni
Poros dengan beban lentur murni adalah poros yang menghubungkan gerakan dari tangan mesin tersebut ke tangan mesin yang lainya, contohnya kita bisa lihat Robot yang emmiliki tangan , nah yang dimaksud poros beban lentur murni ini adalah seperti pada sendi pada tulang tubuh kita.

c. Poros beban puntir dan lentur
Poros beban puntir dan lentur adalah poros yang menguhubungkan daya puntir ke benda lain agar benda lain bergerak, contoh pada poros beban puntir lentur adalah rantai mesin, fansbel, karet puli, timing bell dan masih banyak lagi yang penting agan paham dah.

4. Bantalan
Bantalan pada suatu mesin adalah alat yang menahan poros utama agar tidak bergetar atau tidak saling bertabrakan, fungsi bantalan tersebut berguna untuk menghindari sebuah poros atau poros utama

Menurut bentuknya bantalan dibedakan enjadi 2
a. Bantalan luncur
b. Bantalan gelinding

Dan berdasarkan beban arus bantalan terhadap poros dibedakan menjadi 3
a. Bantalan radial
b. Bantalan aksial
c. Bantalan gelinding khusus



Emoticon Emoticon

close