Pengertian Energi Serta Macam dan Fungsinya


Oke selamat dating di modifabis.com kali ini modifabis.com akan merangkum sumber pembelajaran tentang tehnik kejuruan otomotif dan mesin, sebelumnya tehnik kejuruan ini sangat berhubungan dengan ilmu pengetahuan alam dimana suatu mesin memerlukan sebuah energy untuk menggerakan mesin itu sendiri.

Energy sangat dibutuhkan kita sehari-hari tanpa kita menyadarinya, terus bagaimana jika tidak ada eneri di dunia ini pasti kehidupan akan mati dan tidak memiliki tenaga.

Oke modifabis.com  akan mengulasnya dengan singkat padat dan jelas, kita langsung aja ke TKP.

PENGERTIAN ENERGI

Energy adalah segala sumber suatu kebutuhan usaha. Energy sendiri terlihat abstrak bahkan ada yang tidak terlihat dan ada yag terlihat energy sangat banyak di dunia ini bahkan menurut hokum termodinamika energy tidak dapat dibuat dan tidak dapat dimusnahkan, energy terwuud dengan sendirinya bahkan energy juga bisa mengalirkan tenaga. Contoh energy listrik menjadi energy gerak dan kita bisa lihat pada kipas angin, dimana kipas angin membutuhkan listrik untuk menggerakan kipasnya agar memperoleh angin, modifabis.com

Dan pada kebutuhan pergerakan mesin mobil dan motorpun membutuhkan energy, yaitu bahan bakar minyak. Jika mobil atau motor tidak mempunyai bahan bakar minyak mobil dan motorpun  tidak akan bisa berjalan karna sumber energy dari kendaraan tersebut adalah bahan bakar minyak, bahan bakar minyak ini nantinya akan di proseske ruang pembakaran pada mesin mobil untuk menghasilkan tenaga dimana tenaga itu menjadi tenaga dorong lalu di ubah menjadi tenaga putar yang nantinya akan menggerakan mesin mobil.

Energy juga memiliki berbagai macam diantaranya]
1. Energy mekanik
2. Energy potensial
3. Energy listrik
4. Energy electromagnetic
5. Energy kimia
6. Energy nuklir
7. Energy termal
8. Energy angin


Jadi energy memiliki 8 macam dan sifat yang berbeda , nah kali ini modifabis.com akan menjelaskan delapan energy tersebut dengan singkat dan padat agar agan-agan dirumah dapat langsung paham

1. Energy mekanik
Energy mekanik adalah energy yang bergerak energy tersebut berfungsi mengubah energy gerak menjadi energy listrik. contoh pada mobil yang berjalan walaupun aki mobil kita sudah soak alias habis listriknya karna adanya putaran dari roda mobil yang mengubah energy gerak menjadi energy listrik maka lampu mobil akan menyala saat mobil berjalan.

2. Energy potensial
Energy potensial adalah suatu tindakan usaha untuk menggerakan benda, contoh kita bisa lihat air terjun yang jath dari atas ketinggian. Energy potensial ini bisa kita samakan dengan airnya yang jatuh dari ketinggian dan air tersebut nantinya kan menggerakan air-air yang di sekelilingnya.

3. Energy listrik
Energy listrik adalah energy yang berkaikat denga arus electron, dimana energy listrik tersebut membutuhkan medan magnet minus dan positif untuk menghasilkan listrik. Tidak usah panjang lebar ya gan energy lsitrik sering kita jumpai setiap hari saat kita menonton TV, masa, menyalakan kipas itu adalah sumber energy utamanya dari energy listrik. dimana satuan dalam energy listrik ini adalah watt dan kilowatt.

4. Energy elektromagnetik
Energy elektromagnetik adalah usaha suatu radiasi (radiasi adalah pengalir energy) yang memiliki gelombang listrik atau gelombang magnet disekitarnya elektromagnetik, untuk menggerakan benda atau zat. Elektromagnetik memiliki 2 kutub berlawanan yaitu utub utara dan kutub selatan yang bila ke dua kutub tersebut disatukan akan saling menarik, bila kedua kutub sama utara dan utara disatukan akan saling menolak.

Energy ini sangat minim di Negara kita, tapi di Negara tetangga sperti Negara jepang dan eropa energy ini digunakan unutk membuat nuklir baik yang nantinya mengubah energy elektromagnetik menjadi eneri listrik satuanya adalah electron =Volt (eV) , dan mega electron vol = (MeV)

5. Energy kimia 
Energy kimia adalah usaha dari hasil senyawa-senyawa electron yang lebih dari 2 senyawa  elektron untuk membentuk sauatu atom/molekul yang lebih dari satu untuk saling berinteraksi sehingga menghasilkan senyawa Kimia yang stabil.

6. Energy nuklir
Energy nuklir adalah beberapa energy lebih yang saling berinteraksi dan tersimpan di inti atom yang nantinya dilepas untuk menjadi energy tertentu. Kalo jaman dulu energy nuklir dibuat menjadi bom yang dapat menewaskan 5 kabupaten, tapi sekarang energy nuklir dialihkan menjadi tenaga listrik yang tidak ada matinya, di Indonesia belum ada karna banyaknya masih takut dengan radiasinya.

7. Energy termal
Energy termal adalah usaha semua energy untuk menjadi energy panas, contoh kita memasak air di kompor usaha tersebut membuat energy panas untuk memanaskan air mentah menjadi matang.

8. Energy angin
Energy angin adalah udara yang bergerak, bahkan udara tersebut bila pergerakanya sangat besar akan merusak linkungan.
Oke sekian dulu dari modifabis.com itulah beberapa energy yang sering kita gunakan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan hidup kita, dan jika agan ada pertanyaan silahkan ketik komentar di kolom komentar oke terimakasih dan jangan lupa baca artikel-artikel modifabis.com yang lainya.



Emoticon Emoticon

close