Cara Mengetahui Timing Belt Mobil Rusak


Oke an kali ini modifabis.com akan memberikan tips bagaimana merawat timing belt mobil anda , anda harus bisa mengetahuinya apakah timing blet yang anda pakai itu sehat atau harus digantigan. karna timing belt secara kita anggap sepele sebenarnya mengandung fungsi yang besar bagi mesn kita gan.

timing belt mempunyai funsi yang menghubungkan Kruk AS dan Camshaft (noken As). dimana noken as adalah stang utuma dalam mesin mobil kita untuk mengendalikan piston pada mobil kita gan.

anda tau gak sih bila anda tidak mengganti timing belt mobil anda secara berkala, sekitar jarak pemakaian mobil 50.000 km, jika timing belt tidak diganti saat rusak maka mesin mobil anda pun akan ikutan rusak gan, padahal harga timing belt dari 50 ribu sampai 100 ribu murah bukan gan, bayangkan mesinya yang rusak harganya bisa sampai 40 juta.
tips merawat timing belt mobil anda





1.  Timing Belt Retak


kita cek pada timing belt mobil kita apakah ada retakannya, jika timing belt mobil kita terdapat retakan kita harus segera ganti, retekan pada timing belt tersebut dapat menyebabkan timing belt putus seketika dan mesin tidak berfungsi (mobil mogok)





2.  Merk Timing Belt hilang


periksa merek timing belt apakah masih ada atau hilang, kalu merek timing belt hilang berarti timing belt anda sudah mengalami keausan gan, sudah tipis dan anda harus ganti timng belt segera mungkin





3.  bunyi berdeci pada mesin mobil

jika kita mendengarkan suara decit seperti tikus dalam mesin itu adalah suara timing belt yang sudah tidak lentur lagi gan, coba agan cek apakah bunyi decit itu karna timing belt kena debu. jika suara tersebut karna timing belt kotor agan bisa membersihkanya dengan dicuci.
tapi kalo bunyi tersebut karna timing belt sudah tidak lentur itu berarti agan harus ganti segera timing belt mobil anda





4. timing belt tua


seperti yang sudah modifabi.com katakan tadi jika mobil anda sudah tuaanda harus cek berkala gan, tapi jika mobil anda masih baru anda cek berkala juga apakah anda sudah lama tidak mengganti timing belt. cek juga kilometer pada mobil anda apakah sudah mencapai 50.000 km


nih merek terkenal dijamin timing belt anda bagus, berkualitas. jika agan mau beli
1. Power Grip
2. Unitta
3. Gates
4.  Continental/Contitech

nah itulah tips merawat timing belt dari modifabis.com  jangan lupa agan cek berkala ya, dan jangan lupa baca artikel-artikel lainya hanya di modifabis.com.
jika agan ada pertanyaa silahkan ketik komentar di kolom komentar terimakasih dan sampai jumpa




Emoticon Emoticon

close