Cara Mengganti Oli Motor Sendiri

selamat pagi gan selamat datang di modifabis.com tempatnya para pecinta modifikasi kali ni kami akan membagikan cara mengganti oli mesin motor, tahukah anda bahwa sebenarnya oli pada mesin motor itu penting banget karna seandaniya mesin jika tidak ada pelumasnya akan aus contohnya aja teman saya yang mempunyai motor beat belum mengganti oli mesin selama 1 tahun dan dibuat pergi kerja tiap hari alhasil turun mesin deh gimana ngeri kan.

sebagai cara kita menjaga mesin kita agar terawat dan terjaga kita harus ganti oli mesin kita 1 bulan sekali atau kalo nggak 3 bulan sekali aja deh itu juga udah maksimal, kalo sampaif oli kita kotor kita blum ganti maka akan terjadinya pemanasan yang berlebihan pada mesin kita saat jalan nanti yang akan menimbulkan keausan pada gear di dalam mesin kita.

jika kita udah mengalami kerusakan meisn motor kita baru tahu gan betapa pentingnya mengganti oli mesin motor kita rutin karna harga mesin pada motor kita biasanya samapai setengah harga motor kita yang baru pertama kali beli.




oke gan langsung aja ke tutorial modifabis.com




1. pada kasus ini saya menggunakan motor satria FU, sediakan dulu tempat untuk oli yang nantinya dibuang bisa ember atau bisa juga derigen bekas liat pada gambar




2. kita cari dulu baud pembuangan oli mesinya berada tepat di bawah mesin motor anda gunakan kunci SHOCK 14mm untuk membuka baudnya




3. setelah baud terbuka maka oli akan keluar, tunggu oli keluar sampai habis




4. setelah oli habis keluar dari dalam mesin, tutup pembuangan oli dengan baud yang tadi agan buka dan kencangkan




5. buka tutup oli dengan tang




6. isi oli mesin agan dengan oli yang sesuai dengan mesin motornya, jika honda gunakan oli mesin honda, jika yamaha gunakan oli mesin yamaha biasanya ukuran oli mesin motor dari 0.8 liter sampai 1 liter gan.





7. setelah oli terisi penuh tutup penutup oli dengan tang

8. selesai silahkan anda panasi motor anda dengan menggeber gass motor secara penuh agar oli merata pada mesin agan



oke sekian terimakasih dari modifabis.com jangan lupa rawat terus motor agan dengan cara mengganti oli meisn motor agan rutin  ya salam modifikasi dari modifabis.com

jika agan ada pertanyaan silahkan ketik komentar di kolom komentar y gan


Emoticon Emoticon

close