Sayap Winglet di Moto GP DILARANG 2017



Jakarta - Ducati menjadi tim pelopor pengguna winglet dan disebut mendapat manfaat paling besar dari perangkat tersebut. Tapi Ducati tak khawatir saat winglet dilarang musim depan.

Sempat jadi perdebatan, winglet akhirnya diputuskan dilarang penggunaannya mulai musim 2017. Sayap aerodinamis tersebut diklaim mampu meningkatkan performa motor dan pebalap dengan meningkatkan downforce.

Baca Juga :

Meski membawa beberapa keuntungan, winglet juga dapat resistensi karena dianggap bisa membahayakan pebalap. Rider dikhawatirkan bisa mengalami cedera jika tersenggol atau tertabrak sayap aerodinamis tersebut.

Ducati disebut-sebut sebagai tim yang paling optimal memakai perangkat tersebut. Namun pelarangan penggunaannya mulai musim depan tak membuat mereka khawatir.

"Musim depan, kami akan kehilangan sesuatu pada bagian aerodinamis, dengan pelarangan winglet, tapi ini tidak membuat saya khawatir, (tim) yang lain juga akan kehilangan hal yang sama. Yamaha jelas jadi salah satunya, dan Honda juga sudah memakai winglet yang lebar di beberapa balapan terakhir," ucap General Manager Ducati, Gigi Dall'Igna.

"Kami mungkin paling merasakan akibat dari pelarangan ini, tapi kami sudah punya beberapa ide, bukan cuma terkait aerodinamis. Contohnya, meski kami punya mesin terbaik kami tetap akan mengembangkan itu. Meski akan sulit membuat perkembangan di area itu, langkah termudah membuat kemajuan adalah pada hal-hal yang kami masih lemah," lanjutnya dikutip dari GPOne.

sumber : sport.detik.com
penulis : Doni Wahyudi 


Emoticon Emoticon

close