Toyota Mirai Mobil Berbahan Bakar Hydrogen pertama di dunia



toyota mirai memiliki design yang sangat elegan dan menggunakan bahan bakar HydrogenHidrogen adalah unsur yang paling berlimpah di Bumi dan berpotensi menjadi bahan bakar yang bisa merevolusi pasar energi. Soalnya, hidrogen tidak menghasilkan emisi. Sayangnya, hidrogen berbentuk gas ringan dan kerap naik ke atmosfer. Artinya, jarang yang ditemukan dalam bentuk murni karena membuatnya akan menghasilkan emisi.

Erik Koepf, seorang mahasiswa postdoctoral teknik mesin di Universitas Delaware telah menemukan cara membuat bahan bakar hidrogen murah. Ia menggunakan sinar matahari, seng oksida dan air.

Erik Koepf membangun sebuah perangkat yang memiliki cermin dan ruang yang menahan seng oksida. Cermin berkonsentrasi dengan sinar matahari untuk memenuhi ruangan yang menahan seng oksida tadi. Lampu terkonsentrasi begitu kuat sehingga menghasilkan suhu sampai 3500 derajat Fahrenheit. Ketika panas terjadi, oksida seng akan memisahkan diri menjadi seng dan oksigen. Seng tersebut akan menjadi uap.

Dalam fasilitas yang lebih besar, uap seng akan ditambahkan ke dalam air. Mereka akan bereaksi dan berubah menjadi oksida seng lagi dengan melepas hidrogen. Perangkat Koepf tidak melakukan proses yang kedua ini yang sebetulnya sangat mudah. "Proses pertama sangat menantang karena memerlukan suhu yang sangat tinggi," kata Ajay Prasad, profesor teknik mesin di Universitas Delaware dan penasehat penelitian Koepf.

Baru-baru ini Toyota mulai memproduksi Mirai di Pabrik Motomachi, Toyota City, Jepang, dengan perkiraan awal sekitar tiga unit setiap harinya. Jumlah produksi akan ditingkatkan mulai tahun depan karena bertambahnya permintaan yang tak terduga, terutama dari Jepang.

Toyota memilih Pabrik Motomachi untuk memproduksi Mirai karena pabrik tersebut merupakan fasilitas produksi pertama di Jepang yang didedikasikan untuk mobil penumpang dan memiliki tenaga kerja yang sangat terampil. Selama bertahun-tahun, fasilitas tersebut juga telah membangun beberapa model Toyota yang paling menonjol, termasuk diantaranya Publica, Corona, Cresta, Soarer, Supra, RAV4 dan supercar Lexus LFA.

Jalur perakitan untuk Toyota Mirai dibagi menjadi tiga bagian utama, yakni trim, chassis / fuel sell system dan perakitan akhir. Dalam setiap bagian terdapat area sub-assembly untuk instalasi komponen. 


Emoticon Emoticon

close