Mobil Listrik Ciptaan Siswa (SMK) Mumahaddiyah 7 Gondanglegi Malang


Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mumahaddiyah 7 Gondanglegi Malang dibantu oleh beberapa orang hebat berhasil menciptakan 1 mobil listrik bertenaga matahari. Mobil tersebut diberi nama Suryawangsa 2 yang kini masih berstatus prototipe.

Menurut Project Leader Suryawangsa 2 Ahmad Muhtadi, mobil bertenaga surya ini benar-benar dibuat dari nol mulai dari sasis, dan beberapa mekanikal lainnya. Tapi ada juga yang dibeli dari luar negeri.

Untuk spesifikasinya itu sendiri, microbus Solar-Car Suryawangsa 2 tipe Arjuna 4.0 ini dibekali 4 unit Photovoltaic (cell surya) yang memiliki tegangan 48 volt, arus power peak 4 ampere, dan daya 168 Wa.

Untuk baterainya ada 8 unit yang memiliki tegangan 48 volt dengan kapasitas 225 Ah dengan jenis seal acid (basah). Dilengkapi juga dengan Controller yang berjumlah 1 unit serta memiliki arus maksimum 400 ampere, tegangan input 48 volt.

Sistem mekanikalnya menggunakan drive train direct couple-front axle, suspensinya untuk roda belakang independent double wishbone dan roda depan menggunakan independen double wishbone.

Mobil ini juga memiliki dimensi panjang 3.500 mm, lebar 1.600 mm, tinggi 2.200 mm dan berat kosong 850 kg dengan jarak sumbu roda 3.000 mm.

Sementara untuk kecepatan maksimumnya adalah 70 km/jam dengan kapasitas 5 orang penumpang.


Emoticon Emoticon

close